Monday, November 5, 2012

RPP MODEL INKUIRI TERBIMBING


(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran     : Matematika
Kelas              : IV
Semester        : II
Materi            : Bangun Ruang Sederhana
Alokasi Waktu      : 6 x 35’ (3 Pertemuan)


 
A. Standar Kompetensi. Geometri dan Pengukuran:
8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar

B.  Kompetensi Dasar
8.1. Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana

C. Indikator

Produk
1.                  Menyebutkan benda-benda yang berbentuk bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola
2.                  Menyebutkan unsur-unsur yang terdapat pada bangun ruang sederhana (balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola)
3.                  Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus
4.                  Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang tabung, kerucut, dan bola

Proses
1.                  Mengidentifikasi benda-benda yang berbentuk bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola
2.                  Mengidentifikasi unsur-unsur  pada bangun ruang sederhana (balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola)
3.                  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus
4.                  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang tabung, kerucut, dan bola

Keterampilan Sosial
Melakukan komunikasi yang meliputi pengamatan, bertanya, dan berpendapat

D. Tujuan Pembelajaran

Produk
1.                  Melalui pengamatan terhadap benda-benda yang ada dikelas dan gambar beberapa benda, siswa dapat menyebutkan benda-benda yang berbentuk bangun ruang sederhana seperti  balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola dengan tepat
2.                  Diberikan gambar bangun ruang sederhana (balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola), siswa dapat menyebutkan unsur-unsur yang terdapat pada bangun ruang sederhana (balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola) dengan benar
3.                  Diberikan bentuk serta gambar balok dan kubus, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus dengan benar
4.                  Diberikan bentuk serta gambar tabung, kerucut, dan bola, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun ruang tabung, kerucut, dan bola dengan benar
                 
Proses
1.                  Diberikan gambar benda-benda dan bangun ruang sederhana, siswa dapat:
a.        mengidentifikasi benda-benda yang merupakan bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola dengan tepat
b.      Mengidentifikasi unsur-unsur pada bangun ruang sederhana (balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola) dengan tepat
2.                  Diberikan gambar dan suatu bentuk bangun ruang balok dan kubus, siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat dari bangun ruang balok dan kubus dengan benar
3.                  Diberikan bentuk serta gambar tabung, kerucut, dan bola, siswa dapat Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang tabung, kerucut, dan bola dengan benar

Keterampilan Sosial
Terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat melakukan komunikasi meliputi pengamatan, bertanya, dan berpendapat

E.  Model dan Metode Pembelajaran
Model Pendekatan : Kooperatif
Metode       : Inkuiri terbimbing melalui diskusi kelas dengan bimbingan guru

F.    Materi
1.      Mengenal bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola dengan tepat
2.      Sifat sifat bangun ruang balok dan kubus
3.      Sifat sifat bangun ruang tabung, kerucut, dan bola

G.                        Sumber Pembelajaran
1.                  Khafid, M dan Suyati. 2004. Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung Untuk Sekolah Dasar Kelas IV Semester 2. Jakarta : Erlangga
2.                  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kelas IV Sekolah Dasar
3.                  Silabus matematika kelas IV SD N 5 Kota Bengkulu

H.                        Alat dan Bahan
1.                  Bangun yang berbentuk balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola
2.      Gambar benda-benda yang berbentuk bangun ruang sederhana
3.      Gambar bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola

I.         Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama (2 x 35’)

Pendahuluan (± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.       Guru mengkondisikan kelas agar siswa siap untuk belajar
Terlaksana / Tidak
2.       Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan siswa melalui pertanyaan berikut:
a.                    Anak-anak, coba kalian perhatikan benda-benda yang ada di dalam kelas ini ada benda apa saja?
b.                   Coba anak-anak sebutkan ciri-ciri dari lemari ini?
Terlaksana / Tidak
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Terlaksana / Tidak

Inti (± 45 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Siswa mendengarkan penjelasan materi secara singkat dari guru
Terlaksana / Tidak
2.                  memperhatikan media berupa gambar beberapa benda yang berbentuk bangun ruang sederhana
Terlaksana / Tidak
3.      Siswa di minta menyebutkan mana benda-benda yang berbentuk bangun ruang sederhana
Terlaksana / Tidak
4.      Siswa memperhatikan media berupa gambar bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola
Terlaksana / Tidak
5.      Beberapa siswa diminta ke depan kelas untuk menyebutkan unsur-unsur yang terdapat pada bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola
Terlaksana / Tidak
6.      Guru membimbing diskusi kelas membahas jawaban siswa di depan kelas
Terlaksana / Tidak
7.      Guru memberikan penguatan atau penghargaan secara verbal atau non verbal kepada siswa yang telah menyebutkan unsur-unsur yang terdapat bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola
Terlaksana / Tidak
8.      Guru memberikan penjelasan pemantapan
Terlaksana / Tidak
9.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang dianggap belum jelas
Terlaksana / Tidak

Penutup (± 20 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran
Terlaksana / Tidak
2.      Guru membagikan soal evaluasi
Terlaksana / Tidak
3.      Siswa mengerjakan soal evaluasi
Terlaksana / Tidak
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tindak lanjut
Terlaksana / Tidak
     

Pertemuan Kedua (2 x 35’)

Pendahuluan (± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Guru mengkondisikan kelas agar siswa siap untuk belajar
Terlaksana / Tidak
2.      Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan dengan memberikan pertanyaan
Terlaksana / Tidak
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Terlaksana / Tidak

Inti (± 45 menit) 
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.       Siswa mendengarkan penjelasan materi secara singkat dari guru
Terlaksana / Tidak
2.       Siswa memperhatikan media berupa gambar dan bentuk bangun ruang kubus dan balok
Terlaksana / Tidak
3.      Beberapa siswa diminta ke depan kelas untuk menyebutkan sifat-sifat yang terdapat pada balok dan kubus tersebut
Terlaksana / Tidak
4.      Guru membimbing diskusi kelas membahas jawaban siswa di depan kelas
Terlaksana / Tidak
5.      Guru memberikan penguatan atau penghargaan secara verbal atau non verbal kepada siswa yang telah menyebutkan sifat-sifat yang terdapat pada balok dan kubus tersebut di depan kelas
Terlaksana / Tidak
6.      Guru memberikan penjelasan pemantapan
Terlaksana / Tidak
7.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang dianggap belum jelas
Terlaksana / Tidak

Penutup (± 20 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran
Terlaksana / Tidak
2.      Guru membagikan soal evaluasi
Terlaksana / Tidak
3.      Siswa mengerjakan soal evaluasi
Terlaksana / Tidak
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tindak lanjut
Terlaksana / Tidak
        

Pertemuan Ketiga (2 x 35’)

Pendahuluan (± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.       Guru mengkondisikan kelas agar siswa siap untuk belajar
Terlaksana / Tidak
2.       Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan dengan memberikan pertanyaan
Terlaksana / Tidak
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Terlaksana / Tidak

Inti (± 45 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Siswa mendengarkan penjelasan materi secara singkat dari guru
Terlaksana / Tidak
2.      Siswa memperhatikan media berupa gambar serta bangun ruang berbentuk tabung, kerucut, dan bola
Terlaksana / Tidak
3.      Beberapa siswa diminta ke depan kelas untuk mengidentifikasi sifat-sifat yang terdapat pada bangun ruang tabung, kerucut, dan bola
Terlaksana / Tidak
4.      Guru membimbing diskusi kelas membahas jawaban yang diberikan siswa di depan kelas
Terlaksana / Tidak
5.      Guru memberikan penguatan atau penghargaan secara verbal atau non verbal kepada siswa yang telah mengidentifikasi sifat-sifat yang terdapat pada bangun ruang tabung, kerucut, dan bola
Terlaksana / Tidak
6.      Guru memberikan penjelasan pemantapan
Terlaksana / Tidak
7.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang dianggap belum jelas
Terlaksana / Tidak

Penutup (± 20 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran
Terlaksana / Tidak
2.      Guru membagikan soal evaluasi
Terlaksana / Tidak
3.      Siswa mengerjakan soal evaluasi
Terlaksana / Tidak
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tindak lanjut
Terlaksana / Tidak

J.                  Evaluasi
1.      Prosedur  : post tes
2.      Jenis : tertulis


Post a Comment