Sunday, November 11, 2012

RPP SD IPA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    : SDN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : V/ 1
Alokasi Waktu  : 6 X 35 Menit (2 x pertemuan)

Standar Kompetensi
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan

Kompetensi Dasar
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan

Pokok Bahasan : Proses fotosintesis

A.   Indikator
Produk
1.     Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanan
2.     Menyebutkan hasil dari fotosintesis
3.     Mengidentifikasi pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan hijau
4.     Menyebutkan jenis-jenis tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan
Proses
1.     Melakukan percobaan tentang proses tumbuhan hijau membuat makanan
2.     Menginterfrestasikan data hasil kegiatan

B.   Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Produk
1.     Melalui percobaan proses fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanan
2.     Melalui diskusi dengan kelompok, siswa dapat menyebutkan hasil dari fotosintesis


Pertemuan 2
1.     Melalui percobaan proses fotosintesis, siswa dapat mengidentifikasi pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan hijau.
2.     melalui diskusi dengan  kelompok, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan.
Proses
1.     Diberikan alat dan bahan, siswa mampu melakukan percobaan tentang proses tumbuhan hijau membuat makanan
2.     Diberikan data hasil kegiatan, siswa mampu menginterfrestasikan data untuk menjelaskan proses pencernaan pada manusia
Dampak Pengiring
Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi meliputi presentasi, bertanya dan berpendapat tentang proses tumbuhan untuk dapat membentuk makanan sendiri dan berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

C.   Materi Pelajaran
Pertemuan 1
Proses Tumbuhan Hijau Membuat Makanan
Pertemuan 2
Pengaruh Cahaya terhadap Pertumbuhan Tumbuhan Hijau
Sebagian Hasil Fotosintesis disimpan sebagai Makanan Cadangan

D.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL, Konstriuktivistik
Metode       : Tanya jawab, Demonstrasi, Diskusi, Penugasan

E.   Langkah- langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3 jam pelajaran = 105 menit )
Produk
1.     Melalui percobaan proses fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanan
2.     Melalui diskusi dengan kelompok, siswa dapat menyebutkan hasil dari fotosintesis
Proses
1.  Diberikan alat dan bahan, siswa mampu melakukan percobaan tentang proses tumbuhan hijau membuat makanan
2.    Diberikan data hasil kegiatan, siswa mampu menginterfrestasikan data untuk menjelaskan proses pencernaan pada manusia
Kegiatan Awal ( ± 10 menit )
3.     Mengecek kesiapan belajar siswa, ruang kelas, dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran
4.     Guru memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan ”Anak-anak sebelum berangkat sekolah tadi siapa yang sarapan?” mengapa kita perlu makan?makanan yang kita makan berupa apa saja?yang dihasilkan oleh siapa?
      Diharapkan siswa mengemukakan pendapatnya. Guru kemudian mengemukakan bahwa ”Salah satu ciri makhluk hidup memerlukan makanan”.
5.     Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran yang hendak di capai.
Kegiatan Inti ( ± 85 Menit )
1.     Guru menjelaskan materi pelajaran secara singkat tentang proses tumbuhan hijau membuat makanan

2.     Siswa berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang anak.
3.     Guru membagikan LKS 1 dan alat-alat yang digunakan untuk mengerjakan LKS 1.
4.     Setiap kolempok melakukan percobaan fotosintesis, kemudian mencatat hasil percobaan pada LKS yang telah disediakan.
5.     Guru membimbing siswa selama melakukan percobaan fotosintesis
6.     Setiap kelompok melaporkan hasil LKS di depan kelas, kelompok lain menanggapi hasil kerja kelompok yang memaparkan hasil kerjanya.
7.     Guru dan siswa membahasa hasil diskusi
8.     Guru memberikan motivasi dan penguatan
9.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada materi yang belum dipahami.
Kegiatan Penutup ( ± 10 Menit )
1.     Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pelajaran.
2.     Memberikan evaluasi evaluasi.
3.     Guru memberi tindak lanjut.

F.    Sumber pembelajaran
1.     Kurikulum KTSP SD Negeri 11 Kota Bengkulu
2.     Silabus kelas V SD Negeri 11 Kota Bengkulu
3.     Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V
4.     LKS 1
5.     Kunci Jawaban LKS 1
6.     LKS 2
7.     Kunci Jawaban LKS 2
8.     Gambar Fotosintesis

G.  Alat dan bahan


Gambar proses fotosintesis
Daun singkong   
Pipet
Kertas karbon    
Penjepit
Larutan lugol
Alkohol
Tabung reaksi
Air
Gelas kimia
Pembakar Bunsen
Inai Pacar



H.  Penilaian
1.     Penilaian Hasil Belajar
Penilaian Evaluasi dan LKS



E.  Langkah- langkah Pembelajaran
Pertemuan Kedua (3 jam pelajaran = 105 menit)
Produk
1.     Melalui percobaan proses fotosintesis, siswa dapat mengidentifikasi pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan hijau.
2.     Melalui diskusi dengan  kelompok, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan
Proses
1.  Diberikan alat dan bahan, siswa mampu melakukan percobaan tentang proses tumbuhan hijau membuat makanan
2.  Diberikan data hasil kegiatan, siswa mampu menginterfrestasikan data untuk menjelaskan proses pencernaan pada manusia
Kegiatan Awal ( ± 10 menit )
1.     Mengecek kesiapan belajar siswa, ruang kelas, dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran
2.     Guru melakukan apersepsi dengan cara membahas kembali percoban proses fotosintesis yang dilakukan sebelumnya, membahas hal apa saja yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis, dengan mengajukan pertanyaan: apa yang terjadi bila tumbuhan tidak mendapat cahaya matahari? Guru menampung semua jawaban siswa.
3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak di capai.
Kegiatan Inti ( ± 85 Menit )
1.     Guru menjelaskan materi tentang cadangan makanan secara singkat
2.     Guru membagi siswa dalam 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa heterogen.
3.     Guru membagikan LKS 2 pada masing-masing kelompok dan menjelaskan langkah kerja.
4.     Siswa melakukan diskusi berdasarkan masalah yang ada pada LKS 2.
5.     Guru meminta perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok lain menaggapi.
6.     Guru memberikan motivasi dan penguatan.
7.     Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi.
8.     Guru memberi kesempatan bertanya .
Kegiatan Penutup ( ± 10 Menit )
1.     Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran.
2.     Siswa mengerjakan evaluasi.
3.    Guru memberi tindak lanjut dengan cara memberi tugas kepada siswa, yaitu:
·        Mencatat bagian tumbuhan hijau yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan makanan.
·        Mencatat bagaimana proses fotosintesis yang dilakukan tumbuhan
·        Menyebutkan alat dan bahan yang diperlukan dalam proses fotosintesis

F.    Sumber pembelajaran
1.   Kurikulum KTSP SD Negeri 11 Kota Bengkulu
2.   Silabus kelas V SD Negeri 11 Kota Bengkulu
3.   Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V
4.   LKS 1
5.   Kunci Jawaban LKS 1
6.   LKS 2
7.   Kunci Jawaban LKS 2
8.   Gambar Fotosintesis
G.              Alat dan bahan


Gambar proses fotosintesis
Daun singkong      
Pipet
Kertas karbon        
Penjepit
Larutan lugol
Alkohol
Tabung reaksi
Air
Gelas kimia
Pembakar Bunsen
Inai Pacar



H.    Penilaian
1.     Penilaian Hasil Belajar
Penilaian Evaluasi dan LKS






















Lembar Kerja siswa 1
Nama kelompok :..........
Nama Anggota    :
1.  .............
2.  .............
3.  .............
4.  .............
5.  ............. 

Sub Pokok bahasan     : Proses fotosintesis
Tujuan                    :
Siswa mengetahui bagaimana Proses fotosintesis yang dilakukan tumbuhan untuk membuat makanan
                                     
Alat dan Bahan:
1.     Daun singkong            7. Pipet
2.     Kertas karbon             8. Penjepit
3.     Larutan lugol               9. Alkohol
4.     Tabung reaksi              10. Air
5.     Gelas kimia
6.     Pembakar Bunsen
                   
Langkah Kerja:
1.     Tutuplah sebagian daun dengan kertas karbon biar kuat direkat dengan isolasi, sehingga tidak menerima cahaya matahari pada saat pagi hari, dan ambil daun tersebut pada sore hariny dan dibawa pada saat jam pelajaran IPA
2.     Nyalakan pembakar bunsen dan didihkan air di dalam gelas kimia
3.     Masukkan daun yang sudah di tutup dengan kertas karbon dan daun  yang tidak ditutup dengan kertas karbon kedalam air  yang mendidih.
4.     Kemudian angkat, lalu masukkan alkohol dan daun tadi ke dalam tabung reaksi
5.     Daun dikeluarkan dari tabung reaksi, dan dimasukkan kembali ke dalam air yang mendidih.
6.     Lalu, daun di angkat dan seluruh permukaan daun di tetesi dengan larutan lugol.
No
Daun Singkong
Perubahan Warna
Sebelum direbus
Setelah direbus
Setelah ditetesi oleh larutan lugol
1
Daun yang ditutup oleh kertas karbon
....
....
....
2
Daun yang tidak ditutup oleh kertas karbon
....
....
....
Kesimpulan:
Bahan yang diperlukan oleh tumbuhan hijau untuk membuat makanan adalah ................................... dan ..................................., Proses pembuatan makanan pada tumuhan dengan bantuan cahaya di sebut ........................................... hasil dari fotosintesis adalah ........................................ dan ...................................



Kunci Jawaban LKS 1
Nama kelompok :..........
Nama Anggota    :
1. ...............                                               
2 ................                                               
3. ...............                                               
4. ...............         
No
Daun Singkong
Perubahan Warna
Sebelum direbus
Setelah direbus
Setelah ditetesi oleh larutan lugol
1
Daun yang ditutup oleh kertas karbon
Hijau
Coklat
Coklat kemudaan
2
Daun yang tidak ditutup oleh kertas karbon
Hijau
Coklat
hitam

Kesimpulan:
Bahan yang diperlukan oleh tumbuhan hijau untuk membuat makanan adalah air dan Karbondioksida, Proses pembuatan makanan pada tumuhan dengan bantuan cahaya di sebut fotosintesis hasil dari fotosintesis adalah .karbohidrat dan oksigens














Soal Post Tes Pertemuan 1
Nama          :……………
Kelas :.................
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.     Bahan apa saja yang di butuhkan oleh tumbuhan hijau untuk membuat makanan ?
2.     Apa yang dimaksud dengan stomata?
3.     Apa yang dimaksud dengan fotosintesis?
4.     Tuliskan reaksi fotosintesis?
5.     Makanan digunakan untuk apa saja





Kunci Jawaban Soal  Post Tes Pertemuan 1

1.     air dan karbondioksida
2.     Stomata adalah lubang-lubang kecil yang terdapat di permukaan daun bagian bawah
3.     Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan  pada tumbuhan dengan bantuan cahaya
4.      
Karbohidrat + Oksigen

 
Air + Karbondioksida
 
                                  Cahaya   
                                    Klorofil
    
5.     Untuk tumbuh, berkembangbiak.







Lembar Kerja Siswa 2
Nama kelompok :..........
Nama Anggota    :
1. ...............                                               
2 ................                                               
3. ...............                                               
4. ...............         
Sub Pokok bahasan     : Proses fotosintesis
Tujuan                    :
Siswa mengetahui bagaimana Proses fotosintesis yang dilakukan tumbuhan untuk membuat makanan
Alat dan Bahan:
1.     Kembang inai pacar          
2.     2 buah pot yang sudah berisi tanah
3.     Air                              
                                               
Langkah Kerja:
1.     Siapkan kembang inai pacar yang telah tumbuh dengan baik dalam pot terpisah, berilah tanda (A) pada pot tanaman yang satu dan tanda (B) pada pot yang lain
2.     Tempatkan tanaman pot (A) pada tempat yang cukup mendapat cahaya matahari, dan tempatkan pot (B) pada tempat yang gelap, misalnya dalam sebuah  kotak.
3.     Siramlah kedua tanaman itu dengan baik dan teratur, kemudian bandingkanlah pertumbuhan kedua tanaman tersebut setiap 3 hari sekali.
Setelah kamu melakukan kegiatan di atas, catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel berikut.

Tabel. Pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman.
No
Waktu
Bagian
Pot (A)
Pot (B)
1
3 hari pertama
Warna daun
….
….
Ukuran daun (besar/kecil)
….
….
Panjang batang (cm)
….
….
2
3 hari kedua
Warna daun
….
….
Ukuran daun (besar/kecil)
….
….
Panjang batang (cm)
….
….

Kesimpulan: Tumbuhan hijau memerlukan …………………. Yang cukup untuk ……………………….



Kunci Jawaban LKS 2
Nama kelompok :..........
Nama Anggota    :
1. ...............                                               
2 ................                                               
3. ...............                                               
                             4. ...............         
Tabel. Pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman.
No
Waktu
Bagian
Pot (A)
Pot (B)
1
3 hari pertama
Warna daun
Hijau
Pucat
Ukuran daun (besar/kecil)
Besar
Kecil
Panjang batang (cm)
Tinggi
Kerdil
2
3 hari kedua
Warna daun
Hijau
Pucat
Ukuran daun (besar/kecil)
Besar
Kecil
Panjang batang (cm)
Tinggi
Kerdil

Kesimpulan: Tumbuhan hijau memerlukan cahaya matahari Yang cukup untuk pertumbuhannya.



















Soal Post Tes Pertemuan 2
Nama          :…………..
Kelas :................
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.     Bagaimana  peran cahaya matahari terhadap pertumbuhan tumbuhan hijau?
2.     Disimpan di mana sajakah makanan cadangan oleh tumbuhan hijau?
3.     Tuliskan 5 contoh tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan di dalam umbi!
4.     Tuliskan 4 contoh tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan di dalam biji!





Kunci Jawaban Soal  Post Tes Pertemuan 2

1.     Sangat berperan penting bagi pertumbuhan tanaman hijau, misalnya di tempat yang cukup mendapat cahaya matahari daun dan batang tumbuh dengan baik.
2.     umbi, buah, biji dan batang
3.     wortel, kentang, talas, singkong,dan bawang merah
4.     kacang tanah, kacang kedelai, kacang merah, dan kacang hijau
















Post a Comment