(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah
: SDN
Kelas/Semester
: IV/II
Mata pelajaran
: IPS
Alokasi
Waktu : 4 x 35 Menit (2xPertemuan)
Standar Kompetensi :
2. Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia.
Kompetensi Dasar :
2.4 Menghargai
perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
Indikator
:
1. Menyebutkan
macam-macam aktivitas ekonomi di lingkungan setempat.
2. Menjelaskan jenis-jenis dari aktivitas ekonomi.
3. Membuat daftar hasil dan daerah penghasilnya dari aktivitas ekonomi.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan I
1. Melalui media
gambar, siswa menyebutkan 3 aktivitas ekonomi di lingkungan setempat.
2. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis dari
aktivitas ekonomi (pertanian, perternakan, perikanan).
3. Melalui diskusi
kelompok, siswa dapat membuat daftar hasil dari aktivitas ekonomi (pertanian,
perternakan, perikanan)..
4. Melalui media peta
pesebaran hasil dari aktivitas ekonomi, siswa dapat menemutunjukkan daerah
hasil dari aktivitas ekonomi (pertanian, perternakan, perikanan).
Pertemuan II
1.
Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 2 aktivitas
ekonomi di lingkungan setempat.
2.
Melalui media gambar siswa dapat menyebutkan macam-macam
perkebunan.
3.
Melalui media peta pesebaran hasil dari aktivitas
ekonomi, siswa dapat menemutunjukkan daerah hasil dari perkebunan.
4.
Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan
jenis-jenis hutan berdasarkan fungsi, jenis pohonnya, dan iklim dan cuaca.
5.
Melalui diskusi kelompok, siswa dapat Menjelaskan fungsi
dari hutan.
6.
Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan beberapa
usaha untuk menjaga kelestarian hutan.
Pertemuan III
1.
Melalui media gambar, siswa menyebutkan 2 aktivitas
ekonomi di lingkungan setempat.
2. Melalui Tanya
jawab, siswa dapat menjelaskan 2 jenis perdagangan.
3. Melalui Tanya
jawab, siswa dapat menjelaskan kegiatan perdagangan dipengaruhi oleh beberapa
faktor.
4.
Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan
jenis-jenis dari aktivitas ekonomi (perdagangan dan industri).
5.
Melalui media peta pesebaran hasil dari aktivitas
ekonomi, siswa dapat menemutunjukkan daerah hasil dari aktivitas ekonomi
(perdagangan dan industri).
A.
Materi Pokok
Aktivitas Ekonomi dan Potensi Sumber
Daya ALam
1. Pertanian
5. Perdagangan
2. Perternakan
6. Kehutanan
3. Perikanana.
7. Industri
4. Perkebunan
B.
Pendekatan Pembelajaran
a.
Kontekstual
b.
Pemecahan masalah
C.
Metode Pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Tanya jawab
c.
Pengamatan
d.
Diskusi kelompok
e.
Penugasan
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I (3x35
menit)
Kegiatan
Awal (10 menit)
1. Guru mengkondisikan
kelas, berdo’a, mengecek kehadiran siswa, ruang kelas dan media yang akan
digunakan
2.
- Guru menghubungkan
pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki siswa dengan materi yang akan
diajarkan
- Guru menanyakan kepada
siswa Coba siapa yang tau sebagian besar masyarakat Indonesia bekerja di bidang
apa?
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti (40 menit)
1.
Guru menjelaskan materi tentang aktivitas ekonomi dan
potensi sumber daya alam dengan menggunakan media gambar aktivitas ekonomi.
2.
Secara bergantian ke depan kelas menunjukkan aktivitas
ekonomi menggunakan media gambar aktivitas ekonomi.
3.
Siswa dibagi menjadi 5 kelompok setiap kelompok terdiri
dari 5 orang dan 1 orang menjadi ketua kelompoknya.
4.
Siswa diberikan LKS
5.
Siswa menyimak guru yang membacakan petunjuk penggunaan
LKS
6.
Dengan bimbungan guru siswa melakukan diskusi tentang
jenis-jenis dari aktivitas ekonomi, membuat daftar hasil dari aktivitas ekonomi
(perdagangan dan industri).
7.
Setelah selesai, masing-masing perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
8.
Memelalui Tanya jawab, siswa dapat menemutunjukkan daerah
hasil dari aktivitas ekonomi pertanian, perternakan, perikanan).
9.
Guru memberikan motivasi berupa penguatan.
10. Kelompok lain menanggapi.
Kegiatan
Penutup (20 menit)
1. Kesimpulan
Dengan bimbingan
guru, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Evaluasi
Siswa mengerjakan
soal-soal yang diberikan guru
3. Tindak lanjut membaca
materi selanjutnya di rumah.
Pertemuan II
Kegiatan Awal (10 menit)
1.
Guru mengkondisikan kelas, berdo’a, mengecek kehadiran
siswa, ruang kelas dan media yang akan digunakan
2. - Guru menghubungkan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki siswa dengan
materi yang akan diajarkan
- Guru menanyakan kepada siswa materi sebelumya?, guru memotivasi siswa untuk
belajar dengan menyanyikan lagu yang berjudul “ibu pertiwi’.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti (40 menit)
1. Guru menjelaskan
materi tentang aktivitas ekonomi dan potensi sumber daya alam dengan
menggunakan media gambar aktivitas ekonomi.
2. Tanya jawab dengan
siswa mengenai macam-macam aktivitas ekonomi.
3. Beberapa siswa
diminta maju untuk mencocokkan kartu nama dengan media gambar tentang
macam-macam perkebunan.
4. Beberapa siswa
diminta maju untuk menemujunkkan daerah hasil dari perkebunan pada peta daerah
persebaran potensi sumber daya alam.
5. Guru memberikan
motivasi berupa penguatan.
6. Siswa dibagi
menjadi 5 kelompok setiap kelompok terdiri dari 5 orang dan 1 orang menjadi
ketua kelompoknya.
7. Siswa diberikan LKS
8. Siswa menyimak
guru yang membacakan petunjuk penggunaan LKS
9. Dengan bimbungan guru siswa melakukan diskusi tentang jenis-jenis hutan
berdasarkan fungsi, jenis pohonnya, dan iklim dan cuaca, fungsi dari hutan.
10. Setelah selesai,
masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan
kelas.
11. Kelompok lain
menanggapi.
12. Tanya jawab dengan siswa mengenai apa saja usah untuk menjaga kelestarian
hutan.
13. Siswa diberi
kesempatan untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang belum dimengerti.
Kegiatan
Penutup (20 menit)
1. Kesimpulan
Dengan
bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Evaluasi
Siswa
mengerjakan soal-soal yang diberikan guru
3. Tindak lanjut membaca
materi selanjutnya di rumah.
Pertemuan III
Kegiatan Awal (10 menit)
1.
Guru mengkondisikan kelas, berdo’a, mengecek kehadiran
siswa, ruang kelas dan media yang akan digunakan
2.
- Guru menghubungkan pengetahuan atau pengalaman yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan diajarkan
- Guru menanyakan kepada siswa materi sebelumya?
Kegiatan Inti (40 menit)
1. Guru menjelaskan
materi tentang aktivitas ekonomi dan potensi sumber daya alam dengan
menggunakan media gambar aktivitas ekonomi.
2. Tanya jawab dengan
siswa mengenai 2 jenis perdagangan dan kegiatan perdagangan dipengaruhi oleh
beberapa faktor.
3. Beberapa siswa
merespon pertanyaan yang diajukan oleh guru.
4. Siswa mendapat
penguatan dari guru.
5. Siswa dibagi
menjadi 5 kelompok setiap kelompok terdiri dari 5 orang dan 1 orang menjadi
ketua kelompoknya.
6. Siswa diberikan LKS
7. Siswa menyimak
guru yang membacakan petunjuk penggunaan LKS
8. Dengan bimbungan guru siswa melakukan diskusi Jenis-jenis dari aktivitas
ekonomi, contohnya beserta daerah yang menghasilkan aktivitas ekonomi tersebut.
9. Setelah selesai,
masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan
kelas.
10. Kelompok lain menanggapi.
11. siswa diberi
kesempatan untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang belum dimengerti.
Kegiatan
Penutup (20 menit)
1. Kesimpulan
Dengan
bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Evaluasi
Siswa
mengerjakan soal-soal yang diberikan guru
E. Media Pembelajaran
dan Sumber
1. Media/alat pembelajaran
a. Media gambar tentang
aktivitas ekonomi
b. Peta pesebaran
potensi sumber daya alam.
2. Sumber Belajar
a. Silabus KTSP 2009
b. Kurnia, Asep. P. 2007. Ilmu
Pengetahuan Sosial terpadu IV. Jakarta: CV Regina. Hal: 99-106.
c. Asy’ari, dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan
Sosial IV. Jakarta:
Erlangga. Hal: 117-121.
F. Penilaian
1. Penilaian Proses
Aktivitas
siswa dalam melaksanakan diskusi kelompok
2. Penilaian hasil
Belajar
- Penilaian hasil
pekerjaan siswa yang berupa LKS
- Evaluasi individu
siswa
LAMPIRAN PROGRAM PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I
Lembar Kerja
Siswa
Jenis
: Diskusi Kelompok
Objek Kajian
: Jenis-jenis dari
aktivitas ekonomi (pertanian, perternakan, perikanan).
Petunjuk Umum :
1.
Bacalah petunjuk dengan baik
2.
Kerjakan sesuai dengan petunjuk yang ada dalam LKS
3.
Buatlah kesimpulan sesuai dengan petunjuk LKS
Petunjuk Lhusus (Petunjuk Kerja)
1. Bacalah buku IPS
kelas IV
2. Tulislah dengan baik
hasil pekerjaan kelompok kalian dengan menggunakan lembar LKS ysng telah
dibagikan
3. Setiap kelompok
melakukan diskusi untuk menyelesaikan LKS
LEMBAR KERJA
SISWA 02
Hari/Tanggal
:
Kelas/Semester
:
Nama Kelompok
:
Nama Ketua
Kelompok :
Nama Anggota
Kelompok : 1.
2.
3.
4.
5.
A. Tulislah Dengan singkat jenis-jenis dari aktivitas
ekonomi (pertanian, perternakan, perikanan) di bawah ini!
No
|
Pertanian
|
Perternakan
|
Perikanan
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
B. Tulislah Dengan daftar hasil dari aktivitas ekonomi
(pertanian, perternakan, perikanan) di bawah ini!
pada kolom di
bawah ini!
No
|
Pertanian
|
Perternakan
|
Perikanan
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
Evaluasi 02
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan
masing-masing jenis-jenis dari aktivitas pertanian, perkebunana, dan
perikananan.!
2. Sebutkan 5
masing-masing hasil dari aktivitas ekonomi pertanian, perternakan, dan
perikanana!
3. Perhatikan peta
hasil potensi sumber daya alam di bawah ini, kemudian sebutkn 5 hasil dan
daerah penghasil dari aktivitas ekonomi?!

Kunci Jawaban
Evaluasi 01
1. Sebutkan
masing-masing jenis-jenis dari aktivitas pertanian, perkebunana, dan
perikananan.!
2. Sebutkan 5
masing-masing hasil dari aktivitas ekonomi pertanian, perternakan, dan
perikanana!
3. Perhatikan peta
hasil potensi sumber daya alam di bawah ini, kemudian sebutkn 5 hasil dan
daerah penghasil dari aktivitas ekonomi?!

Penilaian :
Soal nomor 1 dan 2 skornya 6, dan soal nomor 3 skornya 4
Nilai akhir=jumlah skor yang benar=10
Evaluasi 01
1. Jelaskan pengertian
koperasi!
2.
Sebutkan 3 macam ciri-ciri koperasi!
3.
Sebutkan 2 jenis koperasi berserta tujuannya!
4. Apakah tujuan
koperasi?
5.
Apakah yang dimaksud dengan koperasi simpan pinjam?
Kunci jawaban evaluasi 01
1. Koperasi merupakan
perkumpulan orang-orang yang menghmpun diri secara sukarela dan bekerjasama
untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka.
2. Ciri-ciri koperasi :
- Koperasi merupakan
kumpulan orang-orang dan bukan merupakan kumpulan modal
- Koperasi mengabdikan pada perikemanusiaan dan bukan pada kebudayaan
- Kegiatan koperasi didasarkan pada kesadaran anggota
3.
Koperasi konsumsi, tujuannya mencukupi kebutuhan
sehari-hari dan koperasi jasa, tujuannya mempermudah sarana jasa yang
diusahakannya agar tariff relative murah dan dapat besaing
4.
Memperkokoh perekonomian rakyat dan mendukung secara
aktif peningkatan kualitas hidup masyarakat.
5.
Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang bergerak
dalam bidang simpan pinjam dengan beban bunga atau jasa yang
serendah-rendahnya.
Penilaian :
Setiap soal
yang benar diberi nilai 2
Nilai akhir =
Jumlah soal yang benar x 2
LAMPIRAN
PROGRAM PEMBELAJARAN
PERTEMUAN II
Lembar Kerja
Siswa
Jenis
: Diskusi Kelompok
Objek Kajian
: Perbandingan koperasi dengan usaha lain
Petunjuk Umum :
1. Bacalah petunjuk
dengan baik
2. Kerjakan sesuai
dengan petunjuk yang ada dalam LKS
3. Buatlah kesimpulan
sesuai dengan petunjuk LKS
Petunjuk Lhusus (Petunjuk Kerja)
1. Bacalah buku IPS keas
IV
2. Tulislah dengan baik
hasil pekerjaan kelompok kalian dengan menggunakan lembar LKS yang telah
dibagikan
3. Setiap kelompok
melakukan diskusi untuk menyelesaikan LKS
No comments:
Post a Comment