Saturday, November 10, 2012

RPP SD BAHASA INDONESIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan   : SD Negeri
Mata Pelajaran                   : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                : V/I
Alokasi Waktu                   : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
2.2  Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa yang runtut, baik, dan benar.

A.   Indikator

§  Menjelaskan pokok pokok hal yang diamati.
§  Menjelaskan secara rinci hasil pengamatan lingkungan dengan bahasa yang komunikatif.
§  Melaporkan hasil pengamatan dengan bahasa yang komunikatif.
B.   Tujuan Pembelajaran
1.  Melalui tanya jawab siswa dapat menganalisis masalah dan tujuan pengamatan.
2.  Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi masalah yang ada di perpustakaan dan cara penanggulanganya.
3.  Melalui diskusi siswa dapat menuliskan hasil pegamatan di perpustakaan.
4.  Melalui presentasi siswa dapat menceriakan hasil pengamatan di perpustakaan ke depan kelas.
Dampak Pengiring
Setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengamati lingkungan sekitar (sekolah) dan dapat melihat permasalahan yang ada serta dapat menganalisis cara mengatasinya.

C.   Materi Pembelajaran
Menceritakan hasil pengamatan (terlampir)


D.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan : Kooperatif tipe TPS, lingkungan sebagai sumber belajar
2.     Metode       : Tanya Jawab, penugasan, diskusi kelompok, dan pengamatan

E.   Langkah-langkah Pmbelajaran
Pendahuluan (±10 menit)
1.     Guru mengajak siswa berdoa
2.     Guru mengecek kehadiran siswa
3.     Guru memeriksa kehadiran siswa
4.     Guru memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan “siapa yang pernah mengamati sesuatu? Mengapa mengamati tersebut?, kemudian guru mengkaitkanya dengan materi pelajaran.
5.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (±70 menit)
1.     Guru  menjelaskan materi tentang pengamatan alam secara umum
2.     Guru menjelaskan tata cara pengamatan.
3.     Siswa diberikan kesempatan bertanya.
4.     Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan yaitu melakukan pengamatan di perpustakaan.
5.     Guru membagi siswa dalam kelompok belajar @2 orang siswa
6.     Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok
7.     Guru meminta siswa dari setiap kelompok memahami petunjuk kerja terlebih dahulu sebelum mengerjakan kegiatan pada LDS.
8.     Siswa dengan bimbingan guru berangkat ke perpustakaan.
9.     Guru membimbing kelompok dalam mengerjakan kegiatan yang ada dalam LDS
10.                        Perwakilan kelompok menuliskan hasil diskusi di lembar yang telah di sediakan.
11.                        Perwakilan kelompok mengumpulkan hasil diskusi.
12.                        Siswa dengan bimbingan guru kembali ke kelas
13.                        Perwakilan kelompok menceritakan hasil pengamatan di perpustakaan ke depan kelas
14.                        Guru memberi kesempatan siswa untuk menanyakan materi yang belum jelas
15.                        Guru memberikan kesempatan bertanya
16.                        Guru memberikan pemantapan materi pelajaran

Penutup (±25menit)
1.     Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran hari ini berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan dengan meminta siswa menggemukakan materi yang telah dipelajari
2.     Guru memberikan evaluasi
3.     Guru memberikan tindak lanjut
4.     Guru menutup pelajaran dengan kesan dan pesan yang baik.
F.    Sumber Pembelajaran
1.     Buku inlah bahasa Indonesia kelas 5
2.     Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Negeri 9 Kota Bengkulu
3.     Kurikulum BSNP KTSP 2006
G.  Alat dan Bahan
1.     LDS
H.  Penilaian
1.     Prosedur: awal, proses, akhir
2.     Jenis: lisan dan tertulis
3.     Bentuk: essay
4.     Alat: soal, LDS, kunci jawaban, dan format penilaian





Lampiran 1
Lembar Diskusi Siswa ( LDS)
Nama:
1.  …………………….
2.  …………………….

Petunjuk!
1.       Amatilah perpustakaan dengan teliti!
2.       Catatlah hal- hal yang penting!
3.       Isilah soal- soal yang sudah disediakan!
Soal:
1.     Permasalahan apa saja yang ada diperpustakaan!
2.     Diskusikan cara mengatasi masalah tersebut!
3.      Bauatlah kesimpulanmu!




















Lampiran 2
Soal Evaluasi
        Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.     Jelaskan apa  yang dimaksud dengan pengamatan!
2.     Sebutkan 3 bagian dalam membuat laporan pengamatan!
3.      Amati sekeliling kelasmu,carilah 1 permasalahan yang ada dan carilah cara mengatasinya!

Kunci Jawaban Evaluasi
1.       Pengamatan adalah sebuah kegiatan yang dilakukan sesorang untuk mengetahui tentang sesuatu untuk mencari permasalahan dan mencari cara mengatasinya
2.        
·        Masalah
·        Kesimpulan
·        Cara menagguulangi
3.       Sesuai jawaban siswa

Post a Comment