RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD Negeri
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas
/ Semester : V/I
Alokasi Waktu :
3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi
2.
Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi
suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara.
Kompetensi Dasar
2.2
Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa yang runtut, baik,
dan benar.
A.
Indikator
§
Menjelaskan pokok pokok hal
yang diamati.
§
Menjelaskan secara rinci
hasil pengamatan lingkungan dengan bahasa yang komunikatif.
§
Melaporkan hasil pengamatan
dengan bahasa yang komunikatif.
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
tanya jawab siswa dapat menganalisis masalah dan tujuan pengamatan.
2.
Melalui
pengamatan siswa dapat mengidentifikasi masalah yang ada di perpustakaan dan
cara penanggulanganya.
3.
Melalui
diskusi siswa dapat menuliskan hasil pegamatan di perpustakaan.
4.
Melalui
presentasi siswa dapat menceriakan hasil pengamatan di perpustakaan ke depan
kelas.
Dampak Pengiring
Setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengamati lingkungan sekitar
(sekolah) dan dapat melihat permasalahan yang ada serta dapat menganalisis cara
mengatasinya.
C.
Materi
Pembelajaran
Menceritakan hasil pengamatan (terlampir)
D. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Kooperatif tipe TPS, lingkungan sebagai sumber belajar
2. Metode : Tanya Jawab, penugasan, diskusi kelompok, dan pengamatan
E. Langkah-langkah Pmbelajaran
Pendahuluan (±10 menit)
1. Guru mengajak siswa berdoa
2. Guru mengecek kehadiran siswa
3. Guru memeriksa kehadiran siswa
4. Guru memotivasi siswa dengan
mengajukan pertanyaan “siapa yang pernah mengamati sesuatu? Mengapa mengamati
tersebut?, kemudian guru mengkaitkanya dengan materi pelajaran.
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (±70 menit)
1. Guru
menjelaskan materi tentang pengamatan alam secara umum
2. Guru menjelaskan tata cara pengamatan.
3. Siswa diberikan kesempatan bertanya.
4. Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilakukan yaitu melakukan pengamatan di perpustakaan.
5. Guru membagi siswa dalam kelompok
belajar @2 orang siswa
6. Guru membagikan LDS kepada
masing-masing kelompok
7. Guru meminta siswa dari setiap
kelompok memahami petunjuk kerja terlebih dahulu sebelum mengerjakan kegiatan
pada LDS.
8. Siswa dengan bimbingan guru berangkat
ke perpustakaan.
9. Guru membimbing kelompok dalam
mengerjakan kegiatan yang ada dalam LDS
10.
Perwakilan
kelompok menuliskan hasil diskusi di lembar yang telah di sediakan.
11.
Perwakilan
kelompok mengumpulkan hasil diskusi.
12.
Siswa
dengan bimbingan guru kembali ke kelas
13.
Perwakilan
kelompok menceritakan hasil pengamatan di perpustakaan ke depan kelas
14.
Guru
memberi kesempatan siswa untuk menanyakan materi yang belum jelas
15.
Guru
memberikan kesempatan bertanya
16.
Guru
memberikan pemantapan materi pelajaran
Penutup (±25menit)
1. Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran hari ini berdasarkan kegiatan yang telah
dilakukan dengan meminta siswa menggemukakan materi yang telah dipelajari
2. Guru memberikan evaluasi
3. Guru memberikan tindak lanjut
4. Guru menutup pelajaran dengan kesan
dan pesan yang baik.
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku inlah bahasa Indonesia kelas 5
2. Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD
Negeri 9 Kota Bengkulu
3. Kurikulum BSNP KTSP 2006
G.
Alat dan Bahan
1. LDS
H.
Penilaian
1.
Prosedur:
awal, proses, akhir
2.
Jenis:
lisan dan tertulis
3.
Bentuk:
essay
4.
Alat:
soal, LDS, kunci jawaban, dan format penilaian
Lampiran 1
Lembar Diskusi Siswa ( LDS)
Nama:
1. …………………….
2. …………………….
Petunjuk!
1. Amatilah perpustakaan dengan teliti!
2.
Catatlah
hal- hal yang penting!
3. Isilah soal- soal yang sudah
disediakan!
Soal:
1. Permasalahan apa saja yang ada
diperpustakaan!
2. Diskusikan cara mengatasi masalah
tersebut!
3. Bauatlah kesimpulanmu!
Lampiran 2
Soal Evaluasi
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengamatan!
2. Sebutkan 3 bagian dalam membuat
laporan pengamatan!
3. Amati sekeliling kelasmu,carilah 1
permasalahan yang ada dan carilah cara mengatasinya!
Kunci Jawaban Evaluasi
1. Pengamatan adalah sebuah kegiatan
yang dilakukan sesorang untuk mengetahui tentang sesuatu untuk mencari
permasalahan dan mencari cara mengatasinya
2.
·
Masalah
·
Kesimpulan
·
Cara
menagguulangi
3. Sesuai jawaban siswa
No comments:
Post a Comment