RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV/ 1
Alokasi Waktu : 2 x35 menit ( 1x pertemuan)
![]() |
A. Standar Kompetensi
Membaca
3. Memahami teks agak panjang (150- 200 kata), petunjuk
pemakaian, makna kata dalam kamus/ ensiklopedi.
B. Kompetensi Dasar
Membaca
3.3
Menemukan
makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ ensiklopedi melalui membaca
memindai.
C. Indikator
Berbicara
Menjelaskan cara menggunakan kamus dengan bahasa yang
sistematis.
Menulis
1.
Mengidentifikasi
arti kata yang sulit yang terdapat dalam wacana dengan benar.
2.
Membuat
kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit dalam wacana dengan ejaan yang
benar.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
tanya jawab dan demonstrasi, siswa dapat menjelaskan cara menggunakan kamus
dengan bahasa yang sistematis.
2.
Melalui
penugasan membaca wacana, siswa dapat
mengidentifikasi kata-kata sulit yang
ditemukan dalam wacana dengan benar.
3.
Melalui
penggunaan kamus dan diskusi kelompok, siswa dapat membuat kalimat berdasarkan
kata/istilah yang telah diketahui artinya dengan ejaan yang benar..
E. Dampak Pengiring
Setelah siswa
mengikuti pembelajaran, siswa dapat menerjemahkan kata-kata sulit atau kata-kata istilah dalam kalimat dan
dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat berkomunikasi dengan
baik secara lisan maupun tulisan..
F. Materi
1.
Membaca bacaan yang berjudul “ Seni
Pahat dari Desa Mas”
2.
Menjelaskan bagaimana menggunakan kamus.
3.
Mencatat kata- kata sulit dan mencari
arti kata tersebut dalam kamus.
4.
Membuat kalimat dengan menggunakan
kata-kata sulit tersebut.
G. Pendekatan,
Metode, dan Teknik Pembelajaran
Pendekatan
: Cooperative Learning
Metode:
Teknik:
1.
Tanya jawab.
2.
Penugasan
3.
Diskusi Kelompok
4.
Pemberian Wacana.
H. Kegiatan
Pembelajaran
a.
Pendahuluan (± 5 menit)
1.
Mengecek
kesiapan siswa, ruang kelas, dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran.
2.
Guru
melakukan apersepsi dengan bertanya kepada siswa tentang arti dari beberapa
kata, misalnya
a.
Anak-anak
siapa yang tahu arti kata transportasi?
b.
Untuk
mengetahui arti kata tersebut, kita dapat menggunakan apa?
c.
Bagaimana cara kita menggunakannya?
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
b.
Kegiatan
inti (± 55 menit)
1.
Guru menanyakan apakah siswa sering
menemukan kesulitan memahami kata-kata dalam membaca wacana.
2.
Guru menjelaskan cara menggunakan kamus untuk mencari
arti kata- kata sulit.
3.
Beberapa
siswa diminta untuk mendemonstrasikan bagaimana menggunakan kamus dengan benar
di depan kelas.
4.
Siswa membentuk kelompok berdasarkan
kelompok yang telah ditentukan
5.
Guru membagikan LDS dan wacana yang
berjudul “Atlet Bersepeda Indonesia Unggul di Asia”.
6.
Siswa
mendengar penjelasan guru tentang langkah-langkah dalam mengerjakan LDS.
7.
Siswa
bersama dengan anggota kelompoknya
diminta untuk mencari kata- kata sulit dalam wacana tersebut.
8.
Siswa
mengerjakan LDS bersama teman kelompoknya dengan penuh tanggung jawab.
9.
Guru
membimbing siswa dalam mengerjakan LDS.
10.
Perwakilan
kelompok diminta untuk membacakan hasil
LDS yang telah dikerjakan ke depan
kelas.
11.
Siswa
lain menanggapi hasil diskusi dari temannya yang menyajikan.
12.
Guru memberikan penguatan secara verbal dan non verbal kepada siswa
yang mempresentasikan hasil LDS di depan kelas.
13.
Siswa
diberi kesempatan bertanya mengenai materi yang belum jelas
c. Kegiatan Penutup (± 5 menit)
1.
Dengan
bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pelajaran.
2.
Guru
memberikan soal evaluasi kepada siswa.
3.
Guru
memberikan penugasan kepada siswa untuk mencariarti kata-kata sulit dalam
kehidupan sehari-hari dengan menggunakan kamus.
I.
SUMBER
BELAJAR
1. Media:
a.
Petunjuk
menggunakan kamus yang ditulis pada karton.
b.
Kamus Bahasa Indonesia
2. Bahan
a.
Kurikulum KTSP
b.
Silabus Kelas IV
c. Nurcholis
dan Mafrukhi. 2006. Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
J.
Penilaian
a. Teknik
a) Tes
b) Unjuk
Kerja
b. Bentuk Instrumen
a) Tes
Uraian
b) Ceklis
Unjuk Kerja
c)
Soal
Materi Pembelajaran
Cara Menggunakan Kamus
Kamus/ensiklopedi
memiliki banyak informasi.
Kamu bisa mendapatkan informasi dalam
kamus/ensiklopedi. Ayo, perbanyak pengetahuanmu dalam membaca memindai
kamus/ensiklopedi berikut.
1. Makna dan Informasi
Makna merupakan kata yang menyampaikan
maksud tertentu. Kamu dapat memahami sesuatu dengan adanya makna yang jelas. Setiap
kata ataupun kalimat mempunyai makna.
Dalam sebuah pengumuman atau informasi,
kamu dapat membacanya di papan pengumuman atau informasi. Tidak setiap kata
atau kalimat yang kamu baca, dapat dimengerti maksud ataupun maknanya. Untuk
itu, kamu memerlukan kamus untuk mengetahui artinya. Sehingga kamu harus
membaca dengan cermat atau disebut dengan membaca memindai.
2. Membaca Memindai
Membaca memindai yaitu membaca dengan
cermat dan teliti, dengan memandang bacaannya untuk mengetahui intinya. Membaca
memindai dilakukan untuk menemukan informasi secara cepat, yaitu dengan melihat
secara sekilas bagian-bagian teks terutama judul, daftar isi, kata pengantar, dan
yang lainnya. Teknik
ini dapat digunakan ketika membaca bacaan ringan atau koran.
3. Menemukan Makna dan Informasi dalam
Kamus/Ensiklopedi
Kamu dapat menemukan makna atau arti
kata-kata dalam sebuah kamus. Kamu dapat mencarinya dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI), Kamus Bahasa Inggris, kamus Ekonomi. Semua dapat
ditemukan tergantung makna apa yang sedang dicari. Ada cara tersendiri dalam
menemukan makna dalam kamus/ensiklopedi. Makna kata dalam bahasa Indonesia
dapat ditemukan dalam KBBI.
Misalnya:
Membaca Judul Menemukan
Cermat Memandang
Untuk kata yang berimbuhan, kamu harus menentukan
kata dasarnya terlebih
dahulu.
Membaca kata dasarnya, baca, dengan imbuhan me –
Menemukan kata dasarnya temu, dengan imbuhan me –
kan
Memandang kata dasarnya pandang, dengan imbuhan me–
Setelah mengetahui kata dasarnya, kamu mengurutkan
huruf awal kata dasar
sesuai urutan abjad.
Baca Judul Temu
Cermat Pandang
Kemudian, dicari dalam kamus setelah kata
dasar diketahui :
Baca – membaca: 1) melihat serta memahami isi dari apa
yang tertulis
(dengan melisankan atau hanya dalam hati),
2) mengeja atau melafalkan apa
yang tertulis.
Cermat: 1) penuh minat (perhatian); seksama;
teliti, 2) berhati-hati dalam
memakai uang ; hemat.
Judul: nama yang dipakai untuk buku atau bab
dalam buku yang dapat
menyiratkan secara pendek isi atau maksud
buku atau bab itu.
Pandang=memandang: melihat dan memperhatikan (biasanya arah
dan
jaraknya tetap).
Temu=menemukan: mendapatkan sesuatu yang belum ada
sebelumnya
mengalami, menderita.
Teks
Atlet
Bersepeda Indonesia Unggul di Asia
Penggemar
olahraga bersepeda, rajinlah berlatih. Melalui olahraga bersepeda ini, kalian
pun dapat meng harumkan nama bangsa dan negara. Seperti yang dilakukan para
atlet bersepeda di ajang kejuaraan antarnegara. Pada perlombaan tingkat Asia
atau SEA Games XXII di Vietnam, empat medali emas diraih oleh kontingen
Indonesia dari cabang balap sepeda. Malaysia, atlet Indonesia meraih sebelas
medali emas. Pada SEA Games di Vietnam hanya diperebutkan sepuluh medali emas
karena nomor trek (velodrom) tidak
dipertandingkan. Atlet balap sepeda
Indonesia memang unggul di tingkat Asia. Pada Asian Games IV 1962 di Jakarta,
Indonesia memeroleh tiga medali emas. Setelah itu, Indonesia
mengalami penurunan prestasi. Akan tetapi,
tahun-tahun berikutnya Indonesia kembali meraih prestasi di kawasan Asia. Hal
ini dibuktikan oleh pembalap sepeda muda seperti Santia Tri Kusuma, yang meraih
dua medali emas SEA Games XXII di Vietnam. Prestasi Santia bukan hanya di
tingkat regional dan Asia, melainkan di tingkat dunia. Pada Kejuaraan Dunia
Grade B di Swiss, dia berhasil meraih dua medali perunggu.
Soal
Evaluasi
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat
1.
Apakah fungsi kamus?
2.
Bagaimana cara membaca
kamus?
3.
Apakah arti membaca
memindai?
4.
Apa arti dari kata atlet?
5. Buatlah satu kalimat dengan menggunakan
kata atlet!
Kunci Jawaban Soal Evaluasi
1.
Untuk
mencari arti kata-kata yang sulit.
2.
Caranya
dengan mencari bentuk dasar kata tersebut sesuai dengan urutan huruf awalnya
secara alfabetis.
3. Membaca memindai yaitu membaca dengan cermat dan teliti,
dengan
memandang
bacaannya untuk mengetahui intinya.
4. Atlet: orang yang mahir dalam suatu bidang olahraga.
5.Ovi ingin menjadi atlet perenang internasional.
Lembar Diskusi Siswa
Kelas
:
Hari/tanggal
:
Nama
kelompok :
Anggota
:
Tujuan Pembelajaran
: Siswa dapat menjelaskan arti
kata-kata sulit dengan menggunakan kamus
Sub
Pokok Bahasan : Arti kata sulit dalam wacana
Alokasi
Waktu :
25 menit
Petunjuk : diskusikanlah soal ini dengan
anggota kelompokmu!
1.
Bacalah
wacana ” Atlet Bersepeda Indonesia
Unggul di Asia” dengan seksama!
2.
Catatlah
3 kata atau istilah yang sulit yang kalian temukan dalam wacana!
3.
Carilah arti 3 kata yang sulit dengan menggunakan kamus:
c.
atlet
d.
kejuaraan
e.
regional
4.
Buatlah
3 kata
tersebut menjadi sebuah kalimat!
5.
Susunlah
hasil LDS untuk dilaporkan di depan kelas!
Kunci Jawaban LDS
1.
Sudah dilakukan
2.
Atlet,
kejuaraan, regional, balap, dan lain-lain.
3.
a.
Atlet: orang yang mahir dalam suatu bidang olehraga tertentu
b.
Kejuaraan: perlombaan
c.
Regional: daerah
4. Penilaian sesuai dengan jawaban siswa.
5. Sudah dilakukan.
Lembar
Observasi Keaktifan Siswa
No
|
Aspek yang
diamati
|
Kriteria
Penilaian
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
2
3
4
|
Siswa
menyimak penjelasan guru dengan cermat.
Siswa aktif
dalam melakukan tanya jawab dengan guru ketika proses pembelajaran
berlangsung
Siswa
membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
Siswa
mengerjakan evaluasi dengan tertib.
|
No comments:
Post a Comment