Saturday, November 10, 2012

RPP SD IPA


(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan         : SD Negeri
Mata Pelajaran     : IPA
Kelas/Semester     : IV/I
Alokasi Waktu     : 6 x 35 Menit ( 3 x Pertemuan )

Standar Kompetensi
1.     Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
Indikator
Produk
1.     Menunjukan bagian-bagian rangka manusia
2.     Mengidentifikasi tulang penyusun rangka manusia
3.     Mengelompokan tulang berdasarkan fungsinya
4.     Menyebutkan macam-macam sendi
5.     Menjelaskan fungsi bagian-bagian rangka
Proses
1. Mengidentifikasikan rangka manusia dengan bantuan torso
2. Menyusun gambar kerangka manusia
3. Menganalogikan gerakan-gerakan sendi
4. Mensimulasikan gerakan-gerakan sendi
    
A.   Tujuan Pembelajaran
Produk
1.     Siswa dapat mengidentifikasi tulang penyusun rangka manusia dengan bantuan torso kerangka manusia
2.     Diberikan torso dan gambar kerangka manusia siswa mampu menyebutkan nama-nama tulang
3.     Diberikan torso dan gambar kerangka manusia siswa mampu mengelompokkan tulang penyusun rangka manusia sesuai jenisnya
4.     Diberikan torso dan gambar kerangka manusia siswa dapat menyebutkan bagian-bagian rangka anggota gerak
5.     Diberikan torso dan gambar siswa mampu menyebutkan jenis-jenis sendi berdasarkan fungsi dan letaknya dengan benar
6.     Diberikan torso kerangka manusia, siswa mampu menjelaskan fungsi rangka dan tulang dengan bantuan torso dan bahan bacaan
Proses
1.     Diberikan model / torso kerangka manusia, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian rangka manusia yang terlihat pada model / torso yang dipajangkan di depan kelas.
2.     Diberikan beberapa gambar bagian rangka, siswa dapat menyusun gambar kerangka manusia dengan benar.
3.     Diberikan torso kerangka manusia siswa mampu mengelompokan gerakan-gerakan sendi
4.     Diberikan beberapa gambar gerakan-gerakan sendi, siswa mampu menyebutkan gerakan-gerakan sendi
5.     Dengan torso, siswa mampu menginterprestasikan fungsi rangka manusia dengan benar
6.     Membaca materi, siswa mampu membaca materi tentang fungsi rangka manusia dengan benar
      Dampak Pengiring
Terlibat dalam kompetensi yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi melalui bertanya dan berpendapat tentang rangka manusia dan fungsinya.
B.   Materi pembelajaran
(Terlampir)
C.   Model pembelajaran
1. Model Pembelajaran langsung
2. Motode : Presentasi, bertanya, diskusi, pemberian tugas, simulasi.
3. Strategi membuat catatan menarik
D.   Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
Hari/Tanggal                :
Mata Pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Alam
Waktu                           : 2 x 35 Menit
Tujuan pembelajaran:
 Produk
1.     Siswa dapat mengidentifikasi tulang penyusun rangka manusia dengan bantuan torso kerangka manusia
2.     Diberikan torso dan gambar kerangka manusia siswa mampu menyebutkan nama-nama tulang
3.     Diberikan torso dan gambar kerangka manusia siswa mampu mengelompokkan tulang penyusun rangka manusia sesuai jenisnya
4.     Diberikan torso dan gambar kerangka manusia siswa dapat menyebutkan bagian-bagian rangka anggota gerak
Proses
1.     Diberikan model / torso kerangka manusia, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian rangka manusia yang terlihat pada model / torso yang dipajangkan di depan kelas.
2.     Diberikan beberapa gambar bagian rangka, siswa dapat menyusun gambar kerangka manusia dengan benar.
Kegiatan Awal (± 10 Menit)
1.     Guru melakukan apersepsi dengan menyanyikan lagu “layang-layang” kemudian  guru  bertanya ‘ Anak-anak coba perhatikan layang-layang ini, bagus tidak? Sekarang ibu robek kertasnya tinggal apanya lagi anak-anak? siswa mengemukakan pendapatnya. Guru kemudian mengemukakan bahwa “kita manusia memiliki rangka sama seperti layang-layang”.
2.     Guru meminta siswa untuk berdiri, berjalan, menoleh ke kiri dan kanan kemudian duduk kembali. Selanjutnya guru bertanya “mengapa kalian bisa melakukan gerakan-gerakan tersebut?”.  Kemudian guru bertanya lagi “saat berdiri, berjalan, menoleh ke kiri dan kanan bagian apa yang dilibatkan?”.
3.     Guru memotivasi dengan menujukan siswa torso dan gambar kerangka manusia, kemudian mengajukan pertanyaan “apa yang ibu bawa?” guru menampung pendapat siswa dan mengarahkan bahwa alat yang ditunjukan adalah torso kerangka manusia

4.     Guru menginformasikan tujuan pembelajaran dan garis besar kegiatan yang akan dilakukan siswa selama proses pembelajaran
        Kegiatan inti (± 40 Menit)
1.     Guru menampilkan media torso rangka manusia di depan kelas, kemudian guru menyajikan informasi tentang kerangka manusia dan menunjukan bagian-bagian kerangka manusia serta tulang-tulang penyusun rangka manusia
2.     Guru meminta beberapa orang siswa maju ke depan kelas menunjukkan kembali bagian-bagian kerangka manusia serta tulang-tulang penyusun rangka manusia pada torso
3.     Guru menyajikan informasi secara umum bahwa kerangka manusia terdiri dari 4 bagian tapi yang khusus akan di pelajari hari ini adalah 2 bagian yaitu kerangka kepala dan kerangka badan
4.     Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok di beri LKS.
5.     Guru menjelaskan petunjuk yang ada di LKS dan bekerja sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS.
6.     Guru membimbing siswa dalam mengerjakan LKS sesuai petunjuk yang ada di LKS
7.     Hasil kerja (LKS) dikumpul kemudian guru membagi LKS secara acak ke setiap kelompok  untuk dibahas bersama-sama.
8.     Guru meminta perwakilan setiap kelompok  untuk membahas hasil diskusi dengan cara memberi nama tulang penyusun kerangka kepala dan kerangka badan manusia, sesuai dengan media gambar yang telah di sediakan  oleh guru.
9.     Guru memberikan tanggapan terhadap hasil jawaban siswa dan memberikan  pengarahan terhadap jawaban siswa yang belum tepat.
10.                        Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang dibahas.
    Penutup (± 20 Menit)
1.     Guru memberikan kuis lisan dari materi yang yang sudah dipelajari.
2.     Guru meminta siswa untuk menyimpulkan atau mengemukakan materi yang yang telah dipelajari.
3.     Guru memberikan evaluasi.
4.     Guru memberikan tindak lanjut dengan meminta siswa menggambar rangka kepala manusia.

E.   Alat dan Bahan
Alat
Model kerangka manusia
Bahan
1.     Buku siswa rangka manusia
2.     LKS 1
3.     Kunci LKS 1
4.     LP 1
5.     Kunci LP 1

G. Sumber pembelajaran
-       Haryanto, 2004. Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta : Erlangga
-       Http://id.wikipedia.org/wiki /Daftar Tulang Pada Tangka Rangka Manusia: Google.
-         Tim Bina IPA,2008. Ilmu Pengetahuan Alam IV, Bogor: Yudhistira

H. Evaluasi
Prosedur: Post test dan LKS
Bentuk : Tertulis
Jenis: Isian


LEMBAR KERJA SISWA
PERTEMUAN 1

Nama Kelompok  :                             
Nama Anggota     :
1.     ..............
2.     ..............
3.     ..............
Sub Pokok Bahasan      : Bagian Rangka Manusia (Rangka Kepala / Tengkorak  dan Badan)
Tujuan                            : Mengidentifikasi bagian rangka manusia
Alokasi Waktu     : 20 menit
Petunjuk               :
1.  Susunlah kartu gambar kerangka kepala dan badan manusia yang telah menjadi gambar kerangka kepala dan kerangka badan manusia yang tepat sesuai dengan pola yang telah dibentuk oleh titik-titik di dawah ini!
2.  Berilah nama-nama tulang penyusun bagian rangka kepala dan rangka badan manusia sesuai dengan nomor yang telah ada pada gambar dan tuliskan pada kolm dibawah ini!
No
Gambar
Nama Tulang Penyusun
1
Rangka Kepala
a.      Bagian Muka
3
1
 


5
4
2









1.


2.


3.


4.


5.


2
Rangka Badan
a.      Tulang Dada dan Tulang Rusuk
1
 
2

b.     Tulang Gelang Bahu
2
1

c.      Tulang Belakang
3
1
2
4
5


d.     Tulang Gelang Pinggul
1
 
3
2



1.

2.






1.


2.





1.

2.

3.

4.

5.





1.

2.

3.




KUNCI JAWABAN LKS
Pertemuan 1
1. Rangka Kepala
Bagian Muka
1.     Tulang Dahi
2.     Tulang pipi
3.     Tulang Hidung
4.     Tulang Rahang Atas
5.     Tulang Rahang Bawah
2.Rangka Badan
A.  Tulang Dada dan Tulang Rusuk
1. Tulang punggung
2. Tulang dada
3. Badan Tulang Dada
4. Taju Tulang Dada
 5. Tulang Rusuk Palsu
6. Tulang Rusuk Sejati
7. Tulang Rusuk Melayang
B. Tulang Gelang Bahu
1.     Tulang Selangka
2.     Tulang Belikat
B.   Tulang Belakang
a.     7 Ruas Tulang Leher
b.     12 Ruas TulangPunggung
c.      5 Ruas Tulang Pinggang
d.     5 Ruas Tulang Kemaluan Barsatu
e.      4 Ruas Tulang Ekor Bersatu
D. Tulang Gelang Pinggul
1.     Tulang Usus
2.     Tulang  Kemaluan
3.     2 Tulang Duduk

EVALUASI
PERTEMUAN I

Petunjuk : Berilah nama-nama tulang penyusun rangka kepala dan rangka badan   sesuai dengan nomor yang ada pada gambar disamping!

Gambar
Nama Tulang Penyusun
5
4
2
3
1
.

7
 
10
9
8
6



1.


2.


3.


4.


5.


6.


7.


8.


9.


10.


Kunci Jawaban Evaluasi Pertemuan 1

1.     Tulang Dahi
2.     Tulang Pipi
3.     Tulang Rahang Bawah
4.     Tulang Pelipis
5.     Tulang Tengkorak Belakang
6.     Tulang Rusuk Sejati
7.     Tulang Belikat
8.     Tulang Selangka
9.     Tulang Duduk
10.     Tulang Kemaluan


Pertemuan Kedua
Hari/Tanggal                :
Mata Pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Alam
Waktu                           : 2 x 35 Menit
Tujuan pembelajaran:
Produk
1.     Diberikan torso dan gambar siswa mampu menyebutkan jenis-jenis sendi berdasarkan fungsi dan letaknya dengan benar
Proses
1.     Diberikan torso kerangka manusia siswa mampu mengelompokan gerakan-gerakan sendi
2.     Diberikan beberapa gambar gerakan-gerakan sendi, siswa mampu menyebutkan gerakan-gerakan sendi

A.   Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Awal (± 10 Menit)
1.     Guru melakukan apersepsi dengan mengajak siswa untuk berdiri kemudian meminta anak untuk untuk mengangkat tangan, kaki, menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan kemudian memberi pertanyaan, “ mengapa kaki bisa diangkat? pinggul bisa digoyang? kenapa bisa demikian ?” guru menampung jawaban siswa sehingga guru dapat menghubungkan dengan tujuan pembelajaran.
2.     Guru mengemukakan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan pada proses kegiatan belajar mengajar
Kegiatan Inti  (± 40 Menit)
1.     Guru menyajikan informasi tentang rangka anggota gerak atas dan anggota gerak bawah, kemudian memberi contoh anggota gerak atas, dan anggota gerak bawah
2.     Guru melakukan tanya jawab dengan mengajukan pertanyaan dari materi yang telah diinformasikan yaitu apa nama anggota gerak atas dan gerak bawah? Kemudian memintak siswa untuk menujukan pada torso yang ada.
3.     Guru meminta siswa dari setiap perwakilan kelompok yang telah dibagi untuk mengambil LKS.
4.     Guru meminta siswa dari setiap kelompok memahami petunjuk kerja lebih dahulu sebelum mengerjakan kegiatan pada LKS.
5.     Guru membimbing kelompok dalam mengerjakan kegiatan yang ada di LKS
6.     Guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
7.     Guru membahas siswa kegiatan yang ada di LKS dan menginformasikan kunci jawaban yang benar dengan melibatkan siswa sehingga siswa memahami berbagai jenis sendi.
8.     Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berprestasi berupa pujian.
9.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami.
Kegiatan penutup (± 20 Menit)
1.     Guru membimbing siswa merangkum materi pelajaran hari ini berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan
2.     Guru memberikan evaluasi.
3.     Guru memberikan tindak lanjut dengan meminta siswa mengidentifikasi gerakan-gerakan seperti apa lagi yang berkaitan dengan sendi pada tubuh manusia.

B.   Alat dan Bahan
Alat
Gambar sendi
Bahan
1.     Buku siswa sendi manusia
2.     LKS 2
3.     Kunci LKS 2
4.     LP 2
5.     Kunci LP 2

C.   Sumber pembelajaran
-       Haryanto, 2004. Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta : Erlangga
-       Http://id.wikipedia.org/wiki /Daftar Tulang Pada Tangka Rangka Manusia: Google.
-         Tim Bina IPA,2008. Ilmu Pengetahuan Alam IV, Bogor: Yudhistira

D.   Evaluasi
Prosedur: Post test dan LKS
Bentuk : Tertulis
Jenis: Isian





LEMBAR KEGIATAN SISWA  2
Pertemuan (2)
Nama Kelompok : …………………
Nama Anggota     :
                                1…………………
                                2. ………………..
                                3………………….
Sub Pokok Bahasan     :  Rangka manusia dan fungsinya
Tujuan                : mengidentifikasi gerakan pada rangka manusia yang dipengaruhi oleh engsel
Alokasi waktu     : 20 menit
Petunjuk             : Bacalah dengan sesama langkah-langkah kerja sebelum kalian menjawab pertanyaan. Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama. Gunakan buku penuntun mengerjakan pertanyaan, silakan bekerja sama dengan anggota kelompok kalian kemudian beri tanda  (√) pada kolom di bawa ini!

No
Pertanyaan
Sendi Engsel
Sendi Pelana
Sendi Peluru
Sendi Petur
Sendi Geser
1. 






 2.



 3.





 4.



 5.
Coba kamu gerak-gerakan ibu jari tanganmu dan tulang telapak tanganmu ke mana saja ibu jarimu dapat kamu gerakan dan termasuk sendi apa ibu jarimu dan telapak tangan mu?
Coba kamu gerak-gerakan siku atau lututmu. Sendi apa yang terdapat di siku atau lututmu !
Coba kamu gerakan lengan atasmu atau pahamu kemana saja. Lengan atas atau paha kamu dapat gerakan termasuk sendi apa lengan atas/ atau pahamu!
Coba gerakan lehermu kekanan dan ke kiri termasuk sendi apakah tulang lehermu?
Coba kamu gerakan pergelangan tanganmu termasuk sendi apa pergelangan tanganmu






Kunci Jawaban LKS
Pertemuan 2

No
Pertanyaan
Sendi Engsel
Sendi Pelana
Sendi Peluru
Sendi Petur
Sendi Geser
1. 






 2.



 3.





 4.



 5.
Coba kamu gerak-gerakan ibu jari tanganmu dan tulang telapak tanganmu ke mana saja ibu jarimu dapat kamu gerakan dan termasuk sendi apa ibu jarimu dan telapak tangan mu?
Coba kamu gerak-gerakan siku atau lututmu. Sendi apa yang terdapat di siku atau lututmu !
Coba kamu gerakan lengan atasmu atau pahamu kemana saja. Lengan atas atau paha kamu dapat gerakan termasuk sendi apa lengan atas/ atau pahamu!
Coba gerakan lehermu kekanan dan ke kiri termasuk sendi apakah tulang lehermu?
Coba kamu gerakan pergelangan tanganmu termasuk sendi apa pergelangan tanganmu








    

    
    





    
































    
























    












Evaluasi Pertemuan 2

Nama Siswa        :  ……………
Petunjuk    :  Jawablah Pertanyaan Dibawah ini
Soal
1.     Berikan contoh sendi pelana!
2.     Tuliskan 2 macam anggota gerak pada manusia !
3.     Tuliskan jenis-jenis sendi pada manusia !
4.     Apa perbedaan  engsel dengan sendi peluru
5.     Sendi apa yang merupakan pertemuan antara ujung tulang berbentuk bola dan tulang berbentuk mangkok ?

Kunci jawaban evaluasi
 pertemuan 2

1.  Tulang pertama telapak tangan, tulang pangkal ibu jari, tulang pertama pergelangan tangan
2.  Tangan,kaki
3.  sendi engsel, putar, pelana, peluru, geser
4.  perbedaanya sendi engsel hanya dapat digerakan ke satu arah, sedangakan sendi peluru dapat digerakan ke semua arah
5.  sendi peluru



Pertemuan  Ketiga
Hari/Tanggal                :
Mata Pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Alam
Waktu                           : 2 x 35 Menit
Tujuan pembelajaran:
Produk
1.     Diberikan torso kerangka manusia, siswa mampu menjelaskan fungsi rangka dan tulang dengan bantuan torso dan bahan bacaan
Proses
1.     Dengan torso, siswa mampu menginterpretasikan fungsi rangka manusia dengan benar
2.     Membaca materi, siswa mampu membaca materi tentang fungsi rangka manusia dengan benar

A.    Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Awal (± 10 Menit)
1.     Guru melakukan apersepsi dengan bertanya pada siswa "anak-anak coba kalian bayangkan apa yang terjadi jika bagian-bagian tubuh kalian yang rapuh terbentur benda keras? otak yang amat lembut tentu menjadi hancur. Tetapi mengapa jika kita terbentur benda keras, bagian dalam tubuh kita tidak langsung rusak / hancur? Jawaban yang diharapkan adalah karena ada rangka.
2.     Guru menginformasikan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan pada proses kegiatan belajar mengajar
Kegiatan Inti  (± 40 Menit)
2.     Guru menyajikan informasi tentang fungsi rangka
3.     Guru melakukan tanya jawab dengan mengajukan pertanyaan dari materi yang telah diinformasikan yaitu beberapa macam fungsi rangka manusia
4.     Guru meminta siswa dari setiap perwakilan kelompok yang telah dibagi untuk mengambil LKS
5.     Guru meminta siswa dari setiap kelompok memahami petunjuk kerja lebih dahulu sebelum mengerjakan kegiatan pada LKS
6.     Guru membimbing kelompok dalam mengerjakan kegiatan yang ada di LKS
7.     Guru meminta perwakilan kelompok untuk memprsentasikan
8.     Guru membahas siswa kegiatan yang ada di LKS dan menginformasikan kunci jawaban yang benar dengan melibatkan siswa sehingga siswa memahami fungsi rangka
9.     Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berprestasi berupa pujian
10.                        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang bekum dipahami.
Kegiatan penutup (± 20 Menit)
1.     Guru membimbing siswa merangkum materi pelajaran hari ini berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan.
2.     Guru memberikan evaluasi.
3.     Guru memberikan tindak lanjut dengan meminta sisswa mencocokkan rangka-rangka tubuh dengan organ yang dilindunginya (penerapan salah satu fungsi rangka yaitu melindungi bagian tubuh yang lunak).

B.     Alat dan Bahan
Alat
2.     Model kerangka manusia
3.     Gambar rangka
Bahan
1.     Buku siswa rangka manusia
2.     LKS 3
3.     Kunci LKS 3
4.     LP 3
5.     Kunci LP 3



C.    Sumber pembelajaran
-       Haryanto, 2004. Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta : Erlangga
-       Http://id.wikipedia.org/wiki /Daftar Tulang Pada Tangka Rangka Manusia: Google.
-         Tim Bina IPA,2008. Ilmu Pengetahuan Alam IV, Bogor: Yudhistira

H. Evaluasi
Prosedur: Post test dan LKS
Bentuk : Tertulis
Jenis: Isian




Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
Pertemuan kedua (3)

Nama Kelompok :………………..
Nama Anggota     :
                                1……………………
                                2. ………………….
                                3……………………
Sub Pokok Bahasan      : Fungsi rangka
Tujuan                           : Mengidentifikasi fungsi rangka pada tubuh manusia.
Alokasi Waktu     : 20 menit
Petunjuk               : Bacalah dengan sesama langkah-langkah kerja sebelum kalian menjawab pertanyaan. Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama. Gunakan buku penuntun mengerjakan pertanyaan, silakan bekerjasama dengan anggota kelompok kalian isilah kolom di bawah ini.

No
Nama Rangka
Fungsi
1. 



 2.



 3.



 4.
Rangka kepala



Rangka rongga leher



Tulang pinggul



Tulang belakang
















 Kunci Jawaban LKS  Pertemuan 3


No
Nama Rangka
fungsi
1. 


 2.

 3.


 4.
Rangka kepala


Rangka rongga leher

Tulang pinggul


Tulang belakang


 Melindungi otak , mata, telinga, hidung dan saluran pernapasan bagian atas.

Melidungi tenggorokan dan kerongkongan

Melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi (kelamin) bagian dalam.

Menegakkan badan dan melindungi sumsum Tulang belakang.

















Evaluasi pertemuan 3

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan 4 macam fungsi rangka pada manusia ?
2. Apa fungsi tulang tengkorak pada tubuh kita?
3. Sebutkan organ tubuh yang di lindungi oleh rangka tubuh manusia?
4. Coba kalian jelaskan apa yang terjadi jika tubuh kita tidak memiliki rangka?
5. Jelaskan hubungan antara rangka dan otot pada tubuh kita!

Kunci jawaban evaluasi
 pertemuan 3

1.     - Rangka menguatkan  dan menegakkan tubuh
- Rangka menentukan bentuk tubuh
- Rangka merupakan tempat melekatnya otot
- Rangka melindungi bagian tubuh yang penting
2. Untuk melindungi Otak
3. Hati, jantung, paru-paru
4.  Kita tidak biasa tegak berdiri
5. Rangka meruakan tempat melekatnya otot, tanpa rangka otot-oto kita tidak mempunyai tempat melekat. Jika otot tidak mempunyai tempat melekat,maka anggota badan kita tidak dapat digerakan.











Post a Comment