(RPP) RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 6 x 35 Menit ( 3 x Pertemuan )
Standar Kompetensi
1. Memahami hubungan antara
struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia
dengan fungsinya
Indikator
Produk
1. Menunjukan bagian-bagian
rangka manusia
2. Mengidentifikasi tulang
penyusun rangka manusia
3. Mengelompokan tulang
berdasarkan fungsinya
4. Menyebutkan macam-macam
sendi
5. Menjelaskan fungsi
bagian-bagian rangka
Proses
1. Mengidentifikasikan
rangka manusia dengan bantuan torso
2. Menyusun gambar kerangka
manusia
3. Menganalogikan
gerakan-gerakan sendi
4. Mensimulasikan
gerakan-gerakan sendi
A.
Tujuan Pembelajaran
Produk
1. Siswa dapat
mengidentifikasi tulang penyusun rangka manusia dengan bantuan torso kerangka
manusia
2. Diberikan torso dan
gambar kerangka manusia siswa mampu menyebutkan nama-nama tulang
3. Diberikan torso dan
gambar kerangka manusia siswa mampu mengelompokkan tulang penyusun rangka
manusia sesuai jenisnya
4. Diberikan torso dan
gambar kerangka manusia siswa dapat menyebutkan bagian-bagian rangka anggota
gerak
5. Diberikan torso dan
gambar siswa mampu menyebutkan jenis-jenis sendi berdasarkan fungsi dan
letaknya dengan benar
6. Diberikan torso kerangka
manusia, siswa mampu menjelaskan fungsi rangka dan tulang dengan bantuan torso
dan bahan bacaan
Proses
1. Diberikan model / torso
kerangka manusia, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian rangka manusia yang
terlihat pada model / torso yang dipajangkan di depan kelas.
2. Diberikan beberapa gambar
bagian rangka, siswa dapat menyusun gambar kerangka manusia dengan benar.
3. Diberikan torso kerangka
manusia siswa mampu mengelompokan gerakan-gerakan sendi
4. Diberikan beberapa gambar
gerakan-gerakan sendi, siswa mampu menyebutkan gerakan-gerakan sendi
5. Dengan torso, siswa mampu
menginterprestasikan fungsi rangka manusia dengan benar
6. Membaca materi, siswa
mampu membaca materi tentang fungsi rangka manusia dengan benar
Dampak
Pengiring
Terlibat
dalam kompetensi yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi
melalui bertanya dan berpendapat tentang rangka manusia dan fungsinya.
B.
Materi pembelajaran
(Terlampir)
C.
Model pembelajaran
1. Model
Pembelajaran langsung
2. Motode :
Presentasi, bertanya, diskusi, pemberian tugas, simulasi.
3. Strategi
membuat catatan menarik
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
Hari/Tanggal :
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Waktu : 2 x 35 Menit
Tujuan pembelajaran:
Produk
1. Siswa dapat
mengidentifikasi tulang penyusun rangka manusia dengan bantuan torso kerangka
manusia
2. Diberikan torso dan
gambar kerangka manusia siswa mampu menyebutkan nama-nama tulang
3. Diberikan torso dan
gambar kerangka manusia siswa mampu mengelompokkan tulang penyusun rangka
manusia sesuai jenisnya
4. Diberikan torso dan
gambar kerangka manusia siswa dapat menyebutkan bagian-bagian rangka anggota
gerak
Proses
1. Diberikan model / torso
kerangka manusia, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian rangka manusia yang
terlihat pada model / torso yang dipajangkan di depan kelas.
2. Diberikan beberapa gambar
bagian rangka, siswa dapat menyusun gambar kerangka manusia dengan benar.
Kegiatan Awal (± 10 Menit)
1. Guru melakukan apersepsi
dengan menyanyikan lagu “layang-layang” kemudian guru
bertanya ‘ Anak-anak coba perhatikan layang-layang ini, bagus tidak?
Sekarang ibu robek kertasnya tinggal apanya lagi anak-anak? siswa mengemukakan
pendapatnya. Guru kemudian mengemukakan bahwa “kita manusia memiliki rangka
sama seperti layang-layang”.
2. Guru meminta siswa untuk
berdiri, berjalan, menoleh ke kiri dan kanan kemudian duduk kembali. Selanjutnya
guru bertanya “mengapa kalian bisa melakukan gerakan-gerakan tersebut?”. Kemudian guru bertanya lagi “saat berdiri,
berjalan, menoleh ke kiri dan kanan bagian apa yang dilibatkan?”.
3. Guru memotivasi dengan
menujukan siswa torso dan gambar kerangka manusia, kemudian mengajukan
pertanyaan “apa yang ibu bawa?” guru menampung pendapat siswa dan mengarahkan
bahwa alat yang ditunjukan adalah torso kerangka manusia
4. Guru menginformasikan
tujuan pembelajaran dan garis besar kegiatan yang akan dilakukan siswa selama
proses pembelajaran
Kegiatan inti (± 40 Menit)
1. Guru menampilkan media
torso rangka manusia di depan kelas, kemudian guru menyajikan informasi tentang
kerangka manusia dan menunjukan bagian-bagian kerangka manusia serta
tulang-tulang penyusun rangka manusia
2. Guru meminta beberapa
orang siswa maju ke depan kelas menunjukkan kembali bagian-bagian kerangka
manusia serta tulang-tulang penyusun rangka manusia pada torso
3. Guru menyajikan informasi
secara umum bahwa kerangka manusia terdiri dari 4 bagian tapi yang khusus akan
di pelajari hari ini adalah 2 bagian yaitu kerangka kepala dan kerangka badan
4. Guru membagi siswa dalam
beberapa kelompok, masing-masing kelompok di beri LKS.
5. Guru menjelaskan petunjuk
yang ada di LKS dan bekerja sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS.
6. Guru membimbing siswa
dalam mengerjakan LKS sesuai petunjuk yang ada di LKS
7. Hasil kerja (LKS)
dikumpul kemudian guru membagi LKS secara acak ke setiap kelompok untuk dibahas bersama-sama.
8. Guru meminta perwakilan
setiap kelompok untuk membahas hasil
diskusi dengan cara memberi nama tulang penyusun kerangka kepala dan kerangka
badan manusia, sesuai dengan media gambar yang telah di sediakan oleh guru.
9. Guru memberikan tanggapan
terhadap hasil jawaban siswa dan memberikan
pengarahan terhadap jawaban siswa yang belum tepat.
10.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang dibahas.
Penutup
(± 20 Menit)
1. Guru memberikan kuis
lisan dari materi yang yang sudah dipelajari.
2. Guru meminta siswa untuk
menyimpulkan atau mengemukakan materi yang yang telah dipelajari.
3. Guru memberikan evaluasi.
4. Guru memberikan tindak
lanjut dengan meminta siswa menggambar rangka kepala manusia.
E. Alat dan Bahan
Alat
Model
kerangka manusia
Bahan
1. Buku siswa rangka manusia
2. LKS 1
3. Kunci LKS 1
4. LP 1
5. Kunci LP 1
G. Sumber pembelajaran
-
Haryanto, 2004. Sains Untuk
Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta : Erlangga
-
Http://id.wikipedia.org/wiki
/Daftar
Tulang Pada Tangka Rangka Manusia: Google.
-
Tim Bina IPA,2008. Ilmu
Pengetahuan Alam IV, Bogor: Yudhistira
H. Evaluasi
Prosedur:
Post test dan LKS
Bentuk
: Tertulis
Jenis:
Isian
LEMBAR KERJA SISWA
PERTEMUAN 1
Nama
Kelompok :
Nama Anggota :
1. ..............
2. ..............
3. ..............
Sub Pokok Bahasan :
Bagian Rangka Manusia (Rangka Kepala / Tengkorak dan Badan)
Tujuan : Mengidentifikasi bagian rangka
manusia
Alokasi Waktu : 20
menit
Petunjuk :
1. Susunlah
kartu gambar kerangka kepala dan badan manusia yang telah menjadi gambar
kerangka kepala dan kerangka badan manusia yang tepat sesuai dengan pola yang
telah dibentuk oleh titik-titik di dawah ini!
2. Berilah nama-nama tulang penyusun bagian rangka kepala
dan rangka badan manusia sesuai dengan nomor yang telah ada pada gambar dan
tuliskan pada kolm dibawah ini!
No
|
Gambar
|
Nama Tulang Penyusun
|
||||||||||||
1
|
Rangka Kepala
a. Bagian
Muka
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
||||||||||||
2
|
Rangka Badan
a. Tulang
Dada dan Tulang Rusuk
b. Tulang
Gelang Bahu
c. Tulang
Belakang
d. Tulang
Gelang Pinggul
|
1.
2.
1.
2.
1.
2.
3.
4.
5.
1.
2.
3.
|
KUNCI
JAWABAN LKS
Pertemuan 1
1. Rangka Kepala
Bagian Muka
1. Tulang Dahi
2. Tulang pipi
3. Tulang Hidung
4. Tulang Rahang Atas
5. Tulang Rahang Bawah
2.Rangka Badan
A. Tulang
Dada dan Tulang Rusuk
1. Tulang punggung
2. Tulang dada
3. Badan Tulang Dada
4. Taju Tulang Dada
5. Tulang Rusuk Palsu
6. Tulang Rusuk Sejati
7. Tulang Rusuk Melayang
B. Tulang Gelang Bahu
1. Tulang
Selangka
2. Tulang
Belikat
B. Tulang
Belakang
a. 7
Ruas Tulang Leher
b. 12
Ruas TulangPunggung
c. 5
Ruas Tulang Pinggang
d. 5
Ruas Tulang Kemaluan Barsatu
e. 4
Ruas Tulang Ekor Bersatu
D. Tulang Gelang Pinggul
1. Tulang
Usus
2. Tulang Kemaluan
3. 2
Tulang Duduk
EVALUASI
PERTEMUAN I
Petunjuk : Berilah nama-nama tulang
penyusun rangka kepala dan rangka badan
sesuai dengan nomor yang ada pada gambar disamping!
Gambar
|
Nama Tulang Penyusun
|
||||||||||
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Kunci Jawaban Evaluasi
Pertemuan 1
1. Tulang Dahi
2. Tulang Pipi
3. Tulang Rahang Bawah
4. Tulang Pelipis
5. Tulang Tengkorak Belakang
6. Tulang Rusuk Sejati
7. Tulang Belikat
8. Tulang Selangka
9. Tulang Duduk
10. Tulang Kemaluan
Pertemuan Kedua
Hari/Tanggal :
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Waktu : 2 x 35 Menit
Tujuan pembelajaran:
Produk
1. Diberikan torso dan
gambar siswa mampu menyebutkan jenis-jenis sendi berdasarkan fungsi dan
letaknya dengan benar
Proses
1. Diberikan torso kerangka
manusia siswa mampu mengelompokan gerakan-gerakan sendi
2. Diberikan beberapa gambar
gerakan-gerakan sendi, siswa mampu menyebutkan gerakan-gerakan sendi
A.
Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan
Awal (± 10 Menit)
1. Guru melakukan apersepsi
dengan mengajak siswa untuk berdiri kemudian meminta anak untuk untuk
mengangkat tangan, kaki, menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan kemudian
memberi pertanyaan, “ mengapa kaki bisa diangkat? pinggul bisa digoyang? kenapa
bisa demikian ?” guru menampung jawaban siswa sehingga guru dapat menghubungkan
dengan tujuan pembelajaran.
2. Guru mengemukakan tujuan
pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan pada proses kegiatan belajar
mengajar
Kegiatan Inti (± 40 Menit)
1. Guru menyajikan informasi
tentang rangka anggota gerak atas dan anggota gerak bawah, kemudian memberi
contoh anggota gerak atas, dan anggota gerak bawah
2. Guru melakukan tanya
jawab dengan mengajukan pertanyaan dari materi yang telah diinformasikan yaitu
apa nama anggota gerak atas dan gerak bawah? Kemudian memintak siswa untuk
menujukan pada torso yang ada.
3. Guru meminta siswa dari
setiap perwakilan kelompok yang telah dibagi untuk mengambil LKS.
4. Guru meminta siswa dari
setiap kelompok memahami petunjuk kerja lebih dahulu sebelum mengerjakan
kegiatan pada LKS.
5. Guru membimbing kelompok
dalam mengerjakan kegiatan yang ada di LKS
6. Guru meminta perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
7. Guru membahas siswa
kegiatan yang ada di LKS dan menginformasikan kunci jawaban yang benar dengan
melibatkan siswa sehingga siswa memahami berbagai jenis sendi.
8. Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berprestasi berupa pujian.
9. Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami.
Kegiatan penutup (± 20 Menit)
1. Guru membimbing siswa
merangkum materi pelajaran hari ini berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan
2. Guru memberikan evaluasi.
3. Guru memberikan tindak
lanjut dengan meminta siswa mengidentifikasi gerakan-gerakan seperti apa lagi
yang berkaitan dengan sendi pada tubuh manusia.
B. Alat dan Bahan
Alat
Gambar sendi
Bahan
1. Buku siswa sendi manusia
2. LKS 2
3. Kunci LKS 2
4. LP 2
5. Kunci LP 2
C. Sumber pembelajaran
-
Haryanto, 2004. Sains Untuk
Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta : Erlangga
-
Http://id.wikipedia.org/wiki
/Daftar
Tulang Pada Tangka Rangka Manusia: Google.
-
Tim Bina IPA,2008. Ilmu
Pengetahuan Alam IV, Bogor: Yudhistira
D. Evaluasi
Prosedur:
Post test dan LKS
Bentuk
: Tertulis
Jenis:
Isian
LEMBAR KEGIATAN
SISWA 2
Pertemuan (2)
Nama Kelompok : …………………
Nama Anggota :
1…………………
2. ………………..
3………………….
Sub Pokok Bahasan : Rangka manusia dan fungsinya
Tujuan : mengidentifikasi gerakan pada rangka manusia yang dipengaruhi
oleh engsel
Alokasi waktu : 20 menit
Petunjuk :
Bacalah
dengan sesama langkah-langkah kerja sebelum kalian menjawab pertanyaan. Bacalah
setiap pertanyaan dengan seksama. Gunakan buku penuntun mengerjakan pertanyaan,
silakan bekerja sama dengan anggota kelompok kalian kemudian beri tanda (√) pada kolom di bawa ini!
No
|
Pertanyaan
|
Sendi Engsel
|
Sendi Pelana
|
Sendi Peluru
|
Sendi Petur
|
Sendi Geser
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Coba kamu gerak-gerakan ibu jari tanganmu dan tulang
telapak tanganmu ke mana saja ibu jarimu dapat kamu gerakan dan termasuk
sendi apa ibu jarimu dan telapak tangan mu?
Coba kamu gerak-gerakan siku atau lututmu.
Sendi apa yang terdapat di siku atau lututmu !
Coba kamu gerakan lengan atasmu atau pahamu
kemana saja. Lengan atas atau paha kamu dapat gerakan termasuk sendi apa
lengan atas/ atau pahamu!
Coba gerakan lehermu kekanan dan ke kiri
termasuk sendi apakah tulang lehermu?
Coba kamu gerakan pergelangan tanganmu termasuk
sendi apa pergelangan tanganmu
|
Kunci Jawaban LKS
Pertemuan 2
No
|
Pertanyaan
|
Sendi Engsel
|
Sendi Pelana
|
Sendi Peluru
|
Sendi Petur
|
Sendi Geser
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Coba kamu gerak-gerakan ibu jari tanganmu dan
tulang telapak tanganmu ke mana saja ibu jarimu dapat kamu gerakan dan
termasuk sendi apa ibu jarimu dan telapak tangan mu?
Coba kamu gerak-gerakan siku atau lututmu.
Sendi apa yang terdapat di siku atau lututmu !
Coba kamu gerakan lengan atasmu atau pahamu
kemana saja. Lengan atas atau paha kamu dapat gerakan termasuk sendi apa
lengan atas/ atau pahamu!
Coba gerakan lehermu kekanan dan ke kiri
termasuk sendi apakah tulang lehermu?
Coba kamu gerakan pergelangan tanganmu termasuk
sendi apa pergelangan tanganmu
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Evaluasi Pertemuan 2
Nama Siswa : ……………
Petunjuk : Jawablah Pertanyaan Dibawah ini
Soal
1. Berikan contoh sendi
pelana!
2. Tuliskan 2 macam anggota
gerak pada manusia !
3. Tuliskan jenis-jenis
sendi pada manusia !
4. Apa perbedaan engsel dengan sendi peluru
5. Sendi apa yang merupakan
pertemuan antara ujung tulang berbentuk bola dan tulang berbentuk mangkok ?
Kunci jawaban evaluasi
pertemuan 2
1. Tulang pertama telapak
tangan, tulang pangkal ibu jari, tulang pertama pergelangan tangan
2. Tangan,kaki
3. sendi engsel, putar,
pelana, peluru, geser
4. perbedaanya sendi engsel
hanya dapat digerakan ke satu arah, sedangakan sendi peluru dapat digerakan ke
semua arah
5. sendi peluru
Pertemuan Ketiga
Hari/Tanggal :
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Waktu : 2 x 35 Menit
Tujuan pembelajaran:
Produk
1. Diberikan torso kerangka
manusia, siswa mampu menjelaskan fungsi rangka dan tulang dengan bantuan torso
dan bahan bacaan
Proses
1. Dengan torso, siswa mampu
menginterpretasikan fungsi rangka manusia dengan benar
2. Membaca materi, siswa
mampu membaca materi tentang fungsi rangka manusia dengan benar
A.
Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan
Awal (± 10 Menit)
1. Guru melakukan apersepsi
dengan bertanya pada siswa "anak-anak coba kalian bayangkan apa yang
terjadi jika bagian-bagian tubuh kalian yang rapuh terbentur benda keras? otak
yang amat lembut tentu menjadi hancur. Tetapi mengapa jika kita terbentur benda
keras, bagian dalam tubuh kita tidak langsung rusak / hancur? Jawaban yang
diharapkan adalah karena ada rangka.
2. Guru menginformasikan
tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan pada proses kegiatan
belajar mengajar
Kegiatan Inti (± 40 Menit)
2. Guru menyajikan informasi
tentang fungsi rangka
3. Guru melakukan tanya jawab
dengan mengajukan pertanyaan dari materi yang telah diinformasikan yaitu
beberapa macam fungsi rangka manusia
4. Guru meminta siswa dari
setiap perwakilan kelompok yang telah dibagi untuk mengambil LKS
5. Guru meminta siswa dari
setiap kelompok memahami petunjuk kerja lebih dahulu sebelum mengerjakan
kegiatan pada LKS
6. Guru membimbing kelompok
dalam mengerjakan kegiatan yang ada di LKS
7. Guru meminta perwakilan
kelompok untuk memprsentasikan
8. Guru membahas siswa
kegiatan yang ada di LKS dan menginformasikan kunci jawaban yang benar dengan
melibatkan siswa sehingga siswa memahami fungsi rangka
9. Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berprestasi berupa pujian
10.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi
yang bekum dipahami.
Kegiatan penutup (± 20 Menit)
1. Guru membimbing siswa
merangkum materi pelajaran hari ini berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan.
2. Guru memberikan evaluasi.
3. Guru memberikan tindak
lanjut dengan meminta sisswa mencocokkan rangka-rangka tubuh dengan organ yang
dilindunginya (penerapan salah satu fungsi rangka yaitu melindungi bagian tubuh
yang lunak).
B. Alat dan Bahan
Alat
2. Model kerangka manusia
3. Gambar rangka
Bahan
1. Buku siswa rangka manusia
2. LKS 3
3. Kunci LKS 3
4. LP 3
5. Kunci LP 3
C. Sumber pembelajaran
-
Haryanto, 2004. Sains Untuk
Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta : Erlangga
-
Http://id.wikipedia.org/wiki
/Daftar
Tulang Pada Tangka Rangka Manusia: Google.
-
Tim Bina IPA,2008. Ilmu
Pengetahuan Alam IV, Bogor: Yudhistira
H. Evaluasi
Prosedur:
Post test dan LKS
Bentuk
: Tertulis
Jenis:
Isian
Lembar Kegiatan Siswa
(LKS)
Pertemuan kedua (3)
Nama Kelompok :………………..
Nama Anggota :
1……………………
2. ………………….
3……………………
Sub Pokok Bahasan : Fungsi rangka
Tujuan : Mengidentifikasi
fungsi rangka pada tubuh manusia.
Alokasi Waktu : 20 menit
Petunjuk :
Bacalah dengan sesama langkah-langkah kerja sebelum kalian menjawab pertanyaan.
Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama. Gunakan buku penuntun mengerjakan
pertanyaan, silakan bekerjasama dengan anggota kelompok kalian isilah kolom di bawah
ini.
No
|
Nama Rangka
|
Fungsi
|
1.
2.
3.
4.
|
Rangka kepala
Rangka rongga leher
Tulang pinggul
Tulang belakang
|
…
…
…
…
|
Kunci
Jawaban LKS Pertemuan 3
No
|
Nama Rangka
|
fungsi
|
1.
2.
3.
4.
|
Rangka kepala
Rangka rongga leher
Tulang pinggul
Tulang belakang
|
Melindungi otak , mata, telinga, hidung dan
saluran pernapasan bagian atas.
Melidungi tenggorokan dan kerongkongan
Melindungi alat pencernaan dan alat
reproduksi (kelamin) bagian dalam.
Menegakkan badan dan melindungi sumsum
Tulang belakang.
|
Evaluasi pertemuan 3
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan 4 macam
fungsi rangka pada manusia ?
2. Apa fungsi tulang
tengkorak pada tubuh kita?
3. Sebutkan organ tubuh
yang di lindungi oleh rangka tubuh manusia?
4. Coba kalian jelaskan
apa yang terjadi jika tubuh kita tidak memiliki rangka?
5. Jelaskan hubungan
antara rangka dan otot pada tubuh kita!
Kunci jawaban evaluasi
pertemuan 3
1. - Rangka menguatkan dan menegakkan tubuh
- Rangka
menentukan bentuk tubuh
- Rangka
merupakan tempat melekatnya otot
- Rangka
melindungi bagian tubuh yang penting
2. Untuk melindungi Otak
3. Hati, jantung,
paru-paru
4. Kita tidak biasa tegak berdiri
5. Rangka meruakan tempat melekatnya otot, tanpa rangka otot-oto
kita tidak mempunyai tempat melekat. Jika otot tidak mempunyai tempat
melekat,maka anggota badan kita tidak dapat digerakan.
No comments:
Post a Comment