(RPP) RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IV
Semester : II
Alokasi Waktu : 4 ´ 35
Menit (2 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
6.1.Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
C. Indikator
Produk
1.
Menyatakan beberapa bagian dari suatu
keseluruhan.
2.
Menyatakan nilai pecahan yang sejenis.
3.
Menuliskan letak suatu pecahan pada garis bilangan.
Proses
4. Menjelaskan berbagai strategi untuk menyatakan beberapa bagian dari
keseluruhan.
5.
Menyatakan nilai pecahan yang sejenis
melalui media gambar dan sebaliknya.
6.
Melakukan pengecekan hasil suatu pecahan
pada garis bilangan.
Keterampilan Sosial
7.
Melakukan komunikasi meliputi
persentasi, bertanya, dan berpendapat.
D.
Tujuan Pembelajaran
Produk:
a.
Diberikan beberapa gambar yang telah diberi arsir, siswa dapat
menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan.
b.
Melalui diagram pecahan siswa dapat menentukan nilai pecahan yang
sejenis.
c.
Melalui media garis bilangan pecahan siswa dapat menuliskan letak suatu pecahan secara
berurutan.
Proses:
1. Diberikan suatu permasalahan untuk
menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan, siswa dapat menjelaskan berbagai strategi
penyelesaiannya.
2. Setelah menyatakan nilai pecahan yang sejenis
melalui media gambar dan sebaliknya. Siswa melakukan pengecekan hasil
suatu pecahan pada garis bilangan.
Keterampilan sosial
1. Terlibat dalam kegiatan
pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat melakukan
komunikasi meliputi persentase, bertanya, dan berpendapat.
E.
Model pembelajaran
b.
Metode : Pemecahan masalah (Problem solving) melalui diskusi
kelompok dengan bimbingan guru.
F.
Materi pembelajaran
1.
Beberapa bagian dari keseluruhan.
2.
Pecahan yang sejenis atau
senilai.
3.
Menuliskan letak pecahan
pada garis bilangan.
G.
Sumber pembelajaran
1.
Matematika 4 untuk siswa kelas IV Acarya Media Utama Bab 7, Arti
Pecahan.
2.
Matematika untuk sekolah
dasar kelas IV Bab 6, pecahan.
3.
LKS 1 ; gambar pecahan
4.
Kunci LKS 1 ; gambar pecahan
5.
LKS 2 ; garis bilangan
pecahan
6.
Kunci LKS 2 ; garis bilangan
pecahan
7.
Lembar penilaian; menyatakan
beberapa bagian dari suatu keseluruhan,
nilai pecahan yang sejenis, menuliskan letak suatu pecahan pada garis
bilangan, Mengurutkan pecahan berpenyebut sama.
H.
Alat dan Bahan
1.
Media, Media gambar pecahan,
garis bilangan pecahan.
I.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2
x 35’)
Pendahuluan (± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Memotivasi siswa dengan
menceritakan pengalaman yang berkenaan dengan konsep pecahan seperti ibu
kemarin diberi teman kue 1, namun ke 2 adik mau juga kue tersebut, lalu kue
tersebut ibu apakan?? Kemudian guru memberikan pertanyaan lanjutan kepada
siswa berkenaan dengan materi pelajaran.
|
Terlaksana/Tidak
|
2.
Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran (fase 1: menyampaikan tujuan dan motivasi)
|
Terlaksana/Tidak
|
Inti (± 60 menit)
|
|
1.
Siswa memperhatikan
penjelasan guru tentang proses konsep dari pecahan (fase 2: Menyampaikan
informasi).
|
Terlaksana/Tidak
|
2.
Meminta siswa duduk dalam
kelompok masing-masing dan memberi tugas kelompok berupa LKS (fase 3:
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok).
|
Terlaksana/Tidak
|
3.
Membimbing siswa
menyelesaikan tugas dan LKS 1 sambil menjalankan penilaian kelas dan
penilaian progres individu (fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar).
|
Terlaksana/Tidak
|
4.
Meminta siswa
mempersentasikan hasil diskusinya dan memberikan penilaian terhadap aktivitas
(fase 5: Evaluasi).
|
Terlaksana/Tidak
|
5.
Memberikan penghargaan
secara verbal pada kelompok yang aktif (fase 6: Memberi penghargaan).
|
Terlaksana/Tidak
|
Penutup (±10 menit)
|
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Bersama siswa membuat
rangkuman terhadap butir-butir penting pembelajaran yang berkenaan dengan
materi pembelajaran.
|
Terlaksana/Tidak
|
2.
Guru memberikan Evaluasi
|
Terlaksana/Tidak
|
3.
Guru memberikan tugas
rumah untuk membaca materi selanjutnya.
|
Pertemuan kedua (2 x
35’)
Pendahuluan (± 5
menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Memotivasi siswa dengan
menceritakan pengalaman yag berkenaan dengan konsep pecahan. Dan menanyakan materi sebelumnya.
|
Terlaksana/Tidak
|
2.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran
(fase 1: menyampaikan tujuan dan motivasi)
|
Terlaksana/Tidak
|
Inti (± 60 menit)
|
|
3.
Siswa memperhatikan
penjelasan guru tentang proses konsep dari pecahan (fase 2: Menyampaikan
informasi).
|
Terlaksana/Tidak
|
4.
Meminta siswa duduk dalam
kelompok masing-masing dan memberi tugas kelompok berupa LKS (fase 3:
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok).
|
Terlaksana/Tidak
|
5.
Membimbing siswa
menyelesaikan tugas dan LKS 1 sambil menjalankan penilaian kelas dan
penilaian progres individu (fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar).
|
Terlaksana/Tidak
|
6.
Meminta siswa
mempersentasikan hasil diskusinya dan memberikan penilaian terhadap aktivitas
(fase 5: Evaluasi).
|
Terlaksana/Tidak
|
7.
Memberikan penghargaan
secara verbal pada kelompok yang aktif (fase 6: Memberi penghargaan).
|
Terlaksana/Tidak
|
Penutup (±10 menit)
|
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Bersama siswa membuat
rangkuman terhadap butir-butir penting pembelajaran yang berkenaan dengan
materi pembelajaran.
|
Terlaksana/Tidak
|
2.
Guru memberikan Evaluasi
|
Terlaksana/Tidak
|
3.
Guru memberikan tugas
rumah untuk membaca materi selanjutnya (tindak lanjut).
|
Terlaksana/Tidak
|
J.
Evaluasi
Lembar
Penilaian (LP)
Penilaian
kelas: Menggunakan lembar Check List penilaian klasikal.
Penilaian Progress
Individu: Menggunakan lembar penilaian progros individu.
Daftar Pustaka
Armaini Rina, dkk. 2004, Buku Matematika4 Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas
4. Acarya Media Utama: Bandung.
Nur, m, 2004 Model Pembelajaran Kooperatyif, Unipress, Unesa: Surabaya.
1 comment:
test
Post a Comment