Monday, November 5, 2012

RPP MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH


(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   :  SDN
Mata Pelajaran    :  Matematika
Kelas           :  IV
Semester     :  II
Alokasi Waktu : 4 ´ 35 Menit (2 x  pertemuan)
 



A.  Standar Kompetensi
6.  Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

B.  Kompetensi Dasar
6.1.Menjelaskan arti pecahan dan urutannya

 C.  Indikator
  Produk
1.      Menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan.
2.      Menyatakan nilai pecahan yang sejenis.
3.      Menuliskan letak suatu pecahan pada garis bilangan.
Proses
4.      Menjelaskan berbagai strategi  untuk menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan.
5.      Menyatakan nilai pecahan yang sejenis melalui media gambar dan sebaliknya.
6.      Melakukan pengecekan hasil suatu pecahan pada garis bilangan.

Keterampilan Sosial
7.      Melakukan komunikasi meliputi persentasi, bertanya, dan berpendapat.






D.             Tujuan Pembelajaran
    Produk:
a.              Diberikan beberapa gambar yang telah diberi arsir, siswa dapat menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan.
b.            Melalui diagram pecahan siswa dapat menentukan nilai pecahan yang sejenis.
c.              Melalui media garis bilangan pecahan siswa dapat menuliskan letak suatu pecahan secara berurutan.

           Proses:
1.      Diberikan suatu permasalahan untuk menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan, siswa dapat  menjelaskan berbagai strategi penyelesaiannya. 
2.       Setelah menyatakan nilai pecahan yang sejenis melalui media gambar dan sebaliknya. Siswa melakukan pengecekan hasil suatu pecahan pada garis bilangan.

Keterampilan sosial
1.  Terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat melakukan komunikasi meliputi persentase, bertanya, dan berpendapat.

E.              Model pembelajaran
a.        Model Pendekatan : Kooperatif
b.      Metode : Pemecahan masalah (Problem solving) melalui diskusi kelompok dengan bimbingan guru.

F.                Materi pembelajaran
1.      Beberapa bagian dari keseluruhan.
2.      Pecahan yang sejenis atau senilai.
3.      Menuliskan letak pecahan pada garis bilangan.

G.            Sumber pembelajaran
1.      Matematika 4 untuk siswa kelas IV Acarya Media Utama Bab 7, Arti Pecahan.
2.      Matematika untuk sekolah dasar kelas IV Bab 6, pecahan.
3.      LKS 1 ; gambar pecahan
4.      Kunci LKS 1 ; gambar pecahan
5.      LKS 2 ; garis bilangan pecahan
6.      Kunci LKS 2 ; garis bilangan pecahan
7.      Lembar penilaian; menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan,  nilai pecahan yang sejenis, menuliskan letak suatu pecahan pada garis bilangan, Mengurutkan pecahan berpenyebut sama.
H.            Alat dan Bahan
1.      Media, Media gambar pecahan, garis bilangan pecahan.

I.                     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 35’)
Pendahuluan (± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan

1.      Memotivasi siswa dengan menceritakan pengalaman yang berkenaan dengan konsep pecahan seperti ibu kemarin diberi teman kue 1, namun ke 2 adik mau juga kue tersebut, lalu kue tersebut ibu apakan?? Kemudian guru memberikan pertanyaan lanjutan kepada siswa berkenaan dengan materi pelajaran.
Terlaksana/Tidak
2.      Menyampaikan inti tujuan pembelajaran (fase 1: menyampaikan tujuan dan motivasi)
Terlaksana/Tidak

Inti (± 60 menit)
1.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang proses konsep dari pecahan (fase 2: Menyampaikan informasi).
Terlaksana/Tidak

2.      Meminta siswa duduk dalam kelompok masing-masing dan memberi tugas kelompok berupa LKS (fase 3: Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok).
Terlaksana/Tidak
3.      Membimbing siswa menyelesaikan tugas dan LKS 1 sambil menjalankan penilaian kelas dan penilaian progres individu (fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar).
Terlaksana/Tidak
4.      Meminta siswa mempersentasikan hasil diskusinya dan memberikan penilaian terhadap aktivitas (fase 5: Evaluasi).
Terlaksana/Tidak
5.      Memberikan penghargaan secara verbal pada kelompok yang aktif (fase 6: Memberi penghargaan).
Terlaksana/Tidak

Penutup (±10 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.    Bersama siswa membuat rangkuman terhadap butir-butir penting pembelajaran yang berkenaan dengan materi pembelajaran.
Terlaksana/Tidak
2.    Guru memberikan Evaluasi
Terlaksana/Tidak
3.    Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi selanjutnya.


Pertemuan kedua (2 x 35’)
Pendahuluan (± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan

1.    Memotivasi siswa dengan menceritakan pengalaman yag berkenaan dengan konsep pecahan.  Dan menanyakan materi sebelumnya.
Terlaksana/Tidak
2.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran (fase 1: menyampaikan tujuan dan motivasi)
Terlaksana/Tidak

Inti (± 60 menit)
3.    Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang proses konsep dari pecahan (fase 2: Menyampaikan informasi).
Terlaksana/Tidak

4.    Meminta siswa duduk dalam kelompok masing-masing dan memberi tugas kelompok berupa LKS (fase 3: Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok).
Terlaksana/Tidak
5.      Membimbing siswa menyelesaikan tugas dan LKS 1 sambil menjalankan penilaian kelas dan penilaian progres individu (fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar).
Terlaksana/Tidak
6.      Meminta siswa mempersentasikan hasil diskusinya dan memberikan penilaian terhadap aktivitas (fase 5: Evaluasi).
Terlaksana/Tidak
7.      Memberikan penghargaan secara verbal pada kelompok yang aktif (fase 6: Memberi penghargaan).
Terlaksana/Tidak

Penutup (±10 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Bersama siswa membuat rangkuman terhadap butir-butir penting pembelajaran yang berkenaan dengan materi pembelajaran.
Terlaksana/Tidak
2.      Guru memberikan Evaluasi
Terlaksana/Tidak
3.      Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi selanjutnya (tindak lanjut).
Terlaksana/Tidak


















J.                  Evaluasi
Lembar Penilaian (LP)
Penilaian kelas: Menggunakan lembar Check List penilaian klasikal.
Penilaian Progress Individu: Menggunakan lembar penilaian progros individu.


Daftar Pustaka
  Armaini Rina, dkk. 2004, Buku Matematika4 Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Acarya Media Utama: Bandung.
  Nur, m, 2004 Model Pembelajaran Kooperatyif, Unipress, Unesa: Surabaya.