RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD Negeri
Kelas/Semester : IV/I
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 35 menit (1xpertemuan)
Standar Kompetensi
Mendengarkan
1. Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps
Kompetensi
Dasar
Mendengarkan
1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan
penjelasan yang didengar.
A.Indikator
Mendengarkan
1. Menjelaskan
kembali isi petunjuk yang didengar
Menulis
1. Mencatat isi petunjuk sesuai dengan yang didengar
2. Membuat
denah perjalanan dari rumah ke sekolah
3. Membuat
denah sekolah
B. Tujuan Pembelajaran
Mendengarkan
1. Dengan
pengamatan gambar dan permainan Snowball
Throwing, siswa dapat menjelaskan isi petunjuk denah tersebut dengan
menggunakan bahasanya sendiri.
1. Melalui
penugasan dan bimbingan guru, siswa dapat membuat denah perjalanan siswa dari rumah ke sekolah dengan
benar
2. Melalui
denah perjalanan dari rumah ke sekolah yang siswa buat, siswa dapat menuliskannya
minimal 2 (dua) paragraf dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca.
C.
Dampak
Pengiring
Setelah proses
pembelajaran, siswa dapat membuat denah suatu lokasi dari skala kecil hingga
skala besar, dan siswa juga dapat menjelaskan suatu denah dengan benar.
D.
Materi
Pembelajaran
Membuat denah lingkungan
sekitar siswa berdasarkan penjelasan yang didengar orang lain.
E.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Contextual
Teaching and Learning (CTL)
2.
Metode : Inkuiri Terbimbing, permainan Snowball Throwing
3.
Teknik/Strategi : Tanya jawab, diskusi,
pemberian tugas, dan ekspositori.
F.
Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (3 x 35 menit)
a. Pendahuluan (10 menit)
1. Guru
mengkondisikan siswa ke arah belajar yang kondusif
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa
3. Guru
melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada siswa, antara lain:
· Anak-
anak bagaimana alur perjalanan kalian dari rumah ke sekolah?
· Bangunan
atau jalan apa sajakah yang kalian lewati?
· Bila
alur perjalanan kalian dari rumah ke sekolah itu digambarkan dinamakan dengan
apa?
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
b.
Kegiatan
Inti (±60 menit)
1. Guru
menempelkan di papan tulis media gambar denah perjalanan guru dari rumah ke
sekolah.
2. Siswa
diminta untuk mengamati gambar denah tersebut.
3. Siswa
menyimak penjelasan guru tentang cara membaca petunjuk denah, misalnya petunjuk
arah mata angin yang nantinya berguna bagi siswa dalam menjelaskan denah.
4. Siswa
diberi kesempatan untuk menanyakan materi tentang denah yang baru saja guru
jelaskan.
5. Siswa
diberikan penguatan dan motivasi.
6. Guru
membagikan LKS untuk tiap siswa.
7. Guru
menjelaskan teknis pengerjaan LKS.
8. Siswa
dengan bimbingan guru mengerjakan LKS.
9. Siswa
mengumpulkan LKS ke depan kelas.
10.
Guru dan siswa lain tepuk tangan.
11.
Guru dan siswa bersama-sama membahas
jawaban LKS.
12.
Guru memberi kesempatan siswa bertanya
tentang materi yang belum jelas.
c.
Penutup
(35 menit )
1. Siswa
bersama guru mengulang garis besar materi pembelajaran tentang membeca denah
2. Guru
memberikan evaluasi berkaitan dengan materi membaca denah
3. Guru
memberi tindak lanjut yaitu berupa PR
4. Guru
menutup pelajaran
G.
Sumber
Pembelajaran
1. Buku
“Inilah Bahasa Indonesiaku“ Kelas IV SD, terbitan Platinum
2. Buku
Sekolah Elektronik (BSE) karangan Edi Warsidi dan Farika, Depdiknas 2007
3. Silabus
Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 9 Kota Bengkulu
4. Kurikulum
BSNP KTSP DEPDIKNAS 2006
H.
Penilaian
1. Prosedur:
awal, proses, akhir
2. Jenis:
lisan dan tertulis
3. Bentuk:
isian singkat
4. Alat:
soal, LKS, kunci jawaban, pedoman penilaian.
EVALUASI
Nama :
Kelas :
Materi :
Kerjakanlah
soal-soal di bawah ini!
1.
Arif disuruh ibu untuk
membeli obat merah. Aulia, adik Arif, kakinya terluka karena jatuh dari sepeda.
Arif belum mengetahui letak apotek tersebut. Nah, tugas kalian adalah membantu
ibu Arif membuat denah dengan mendengar penjelasan bu guru berikut ini:
“Untuk sampai ke apotek
“Sehat” dari rumah Arif naik sepeda ke arah utara melewati Jalan Garuda. Sampai
di simpang empat, Arif belok ke kanan menuju arah timur melewati Jalan Merak. Letak
apotek “Sehat” kira-kira 100 meter dari simpang empat itu, tepatnya di selatan
Jalan Merak. Jadi, apotek itu menghadap ke utara.”
KUNCI
JAWABAN EVALUASI
1.
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Mampu membuat
denah perjalanan dari rumah ke sekolah dengan rapih
2.
Menceritakan
isi denah yang dibuat ke dalam paragraf sederhana
Petunjuk
Khusus:
1.
Baca dengan
baik perintah pengerjaan LKS!
2.
Kerjakan tanpa
mencontek pekerjaan temanmu!
3.
Jawablah
setiap perintah dalam soal dengan tepat!
Soal:
1.
Buatlah denah
perjalananmu dari rumah ke sekolah!
2.
Berdasarkan
denah yang kamu buat, tulislah karangan sederhana minimal 4 paragraf, dengan
memperhatikan ejaan dan tanda baca yang benar!
Kunci Jawaban: bervariasi, sesuai jawaban siswa.
No comments:
Post a Comment