Saturday, November 10, 2012

RPP BAHASA INDONESIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan       : SD Negeri
Kelas/Semester     : IV/I
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu    : 35 menit (1xpertemuan)
Standar Kompetensi
Mendengarkan
1.     Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

A.Indikator
Mendengarkan
1.     Menjelaskan kembali isi petunjuk yang didengar
Menulis
1.     Mencatat isi petunjuk sesuai dengan yang didengar
2.     Membuat denah perjalanan dari rumah ke sekolah
3.     Membuat denah sekolah

B. Tujuan Pembelajaran
Mendengarkan
1.     Dengan pengamatan gambar dan permainan Snowball Throwing, siswa dapat menjelaskan isi petunjuk denah tersebut dengan menggunakan bahasanya sendiri.
Menulis
1.     Melalui penugasan dan bimbingan guru, siswa dapat membuat denah  perjalanan siswa dari rumah ke sekolah dengan benar
2.     Melalui denah perjalanan dari rumah ke sekolah yang siswa buat, siswa dapat menuliskannya minimal 2 (dua) paragraf dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca.
C.   Dampak Pengiring
Setelah proses pembelajaran, siswa dapat membuat denah suatu lokasi dari skala kecil hingga skala besar, dan siswa juga dapat menjelaskan suatu denah dengan benar.

D.   Materi Pembelajaran
Membuat denah lingkungan sekitar siswa berdasarkan penjelasan yang didengar orang lain.

E.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan  : Contextual Teaching and Learning (CTL)
2.      Metode             : Inkuiri Terbimbing, permainan Snowball Throwing
3.      Teknik/Strategi : Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, dan ekspositori.

F.    Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3 x 35 menit)
a.     Pendahuluan  (10 menit)
1.     Guru mengkondisikan siswa ke arah belajar yang kondusif
2.     Guru memeriksa kehadiran siswa
3.     Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan  pada siswa, antara lain:
·     Anak- anak bagaimana alur perjalanan kalian dari rumah ke sekolah?
·     Bangunan atau jalan apa sajakah yang kalian lewati?
·     Bila alur perjalanan kalian dari rumah ke sekolah itu digambarkan dinamakan dengan apa?
4.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.


b.    Kegiatan Inti (±60 menit)
1.     Guru menempelkan di papan tulis media gambar denah perjalanan guru dari rumah ke sekolah.
2.     Siswa diminta untuk mengamati gambar denah tersebut.
3.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara membaca petunjuk denah, misalnya petunjuk arah mata angin yang nantinya berguna bagi siswa dalam menjelaskan denah.
4.     Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan materi tentang denah yang baru saja guru jelaskan.
5.     Siswa diberikan penguatan dan motivasi.
6.     Guru membagikan LKS untuk tiap siswa.
7.     Guru menjelaskan teknis pengerjaan LKS.
8.     Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan LKS.
9.     Siswa mengumpulkan LKS ke depan kelas.
10.              Guru dan siswa lain tepuk tangan.
11.              Guru dan siswa bersama-sama membahas jawaban LKS.
12.              Guru memberi kesempatan siswa bertanya tentang materi yang belum jelas.
c.      Penutup (35 menit )
1.     Siswa bersama guru mengulang garis besar materi pembelajaran tentang membeca denah
2.     Guru memberikan evaluasi berkaitan dengan materi membaca denah
3.     Guru memberi tindak lanjut yaitu berupa PR
4.     Guru menutup pelajaran
G.              Sumber Pembelajaran
1.     Buku “Inilah Bahasa Indonesiaku“ Kelas IV SD, terbitan Platinum
2.     Buku Sekolah Elektronik (BSE) karangan Edi Warsidi dan Farika, Depdiknas 2007
3.     Silabus Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 9 Kota Bengkulu
4.     Kurikulum BSNP KTSP DEPDIKNAS 2006

H.              Penilaian
1.     Prosedur: awal, proses, akhir
2.     Jenis: lisan dan tertulis
3.     Bentuk: isian singkat
4.     Alat: soal, LKS, kunci jawaban, pedoman penilaian.



 EVALUASI

Nama          :
Kelas :
Materi         :
Kerjakanlah soal-soal di bawah ini!
1.     Arif disuruh ibu untuk membeli obat merah. Aulia, adik Arif, kakinya terluka karena jatuh dari sepeda. Arif belum mengetahui letak apotek tersebut. Nah, tugas kalian adalah membantu ibu Arif membuat denah dengan mendengar penjelasan bu guru berikut ini:
“Untuk sampai ke apotek “Sehat” dari rumah Arif naik sepeda ke arah utara melewati Jalan Garuda. Sampai di simpang empat, Arif belok ke kanan menuju arah timur melewati Jalan Merak. Letak apotek “Sehat” kira-kira 100 meter dari simpang empat itu, tepatnya di selatan Jalan Merak. Jadi, apotek itu menghadap ke utara.”

















KUNCI JAWABAN EVALUASI

1.      
















Lembar Kerja Siswa (LKS)
Tujuan Pembelajaran:
1.     Mampu membuat denah perjalanan dari rumah ke sekolah dengan rapih
2.     Menceritakan isi denah yang dibuat ke dalam paragraf sederhana

Petunjuk Khusus:
1.     Baca dengan baik perintah pengerjaan LKS!
2.     Kerjakan tanpa mencontek pekerjaan temanmu!
3.     Jawablah setiap perintah dalam soal dengan tepat!

Soal:
1.     Buatlah denah perjalananmu dari rumah ke sekolah!
2.     Berdasarkan denah yang kamu buat, tulislah karangan sederhana minimal 4 paragraf, dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca yang benar!

Kunci Jawaban: bervariasi, sesuai jawaban siswa.












Post a Comment