RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1x Pertemuan)
Hari/
Tgl
: 28 Oktober 2010
Standar Kompetensi
2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam
pemecahan masalah .
Kompetensi Dasar
2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
dan faktor persekutuan terbesar (FPB).
A. Indikator
1. Menentukan faktor
persekutuan dua bilangan
2. Menentukan FPB
dari dua bilangan dengan menggunakan Faktor dua bilangan.
B. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui penugasan dan tanya jawab, siswa dapat menentukan
faktor persekutuan dua bilangan
2.
Melalui penugasan dan tanya jawab, siswa dapat menentukan
FPB dari dua bilangan dengan menggunakan Faktor dua bilangan.
Dampak Pengiring
Setelah
proses pembelajaran, siswa dapat mengggunakan konsep faktorisassi dalam
kehidupan sehari- hari
C. Materi Pembelajaran
FPB
Menentukan FPB dari 30 dan 36
Faktor dari 30 adalah 1, 2, 3, 5, 6,
10, 15, 30
Faktor dari 36
adalah 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, 36
Faktor persekutuan 30 dan 36 adalah 1,
2, 3,6
FPB dari 30 dan 36 adalah 6
D. Pendekatan dan
Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan : Konstruktivisme
b.
Metode: Tanya Jawab,
Penugasan.
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
a.
Kegiatan awal (15 menit)
1. Berdoa bersama
2. Guru mengecek kehadiran siswa
3. Mengkondisikan kelas untuk siap belajar
4. Apersepsi dengan mengingat materi tentang faktor dan
kelipatan suatu bilangan.
5. Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan inti (60 menit)
1.
Guru
menjelaskan sedikit materi pelajaran
2.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya
3.
Guru menampilkan media pemfaktoran
4.
Guru meminta
siswa untuk menentukan faktor dari dua bilangan yang telah diberikan oleh guru
dengan menggunakan alat peraga faktorisasi suatu bilangan.
5.
Guru meminta
siswa untuuk menentukan faktor persekutuan dari dua bilangan yang diberikan
oleh guru.
6.
Guru meminta
siswa untuk menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan yang
diberikan oleh guru.
7.
Siswa diberikan
kesempatan bertanya
8.
Guru
memantapkan materi
c.
Kegiatan akhir (35 menit)
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran
2.
Siswa diberi soal evaluasi
3.
Siswa diberi PR
F.
Media dan Sumber Belajar
a.
Media : garis bilangan dan
media femfaktoran
b.
Sumber Belajar
1.
Suyati, Khafid. M. 2007. Pelajaran Matematika untuk Kelas IV Semester 1.
Jakarta: Erlangga.
2.
Mustaqim, B dan Astuty, A. 2008. Ayo Belajar Matematika untuk SD/MI
Kelas IV. Jakarta: Depdiknas Pusat Perbukuan.
3.
Silabus SD kelas IV SD Negeri 9 Kota Bengkulu
G. Penilaian
1.
Prosedur : post test
2.
Bentuk : tertulis
3.
Jenis : isian
Soal Evaluasi
Tentukanlah faktor,
faktor persekutuan
dan FPB dari bilangan-bilangan di bawah ini:
1. 27 dan 30
2. 16 dan 32
3. 9 dan 12
4. 36
dan 24
5. 8
dan 28
Kunci Jawaban
1. Faktor-faktor
dari 27 adalah 1, 3,9,27
Faktor-faktor dari 30 adalah 1, 2,3,5,6,10, 15, 30
Faktor persekutuan 27 dan 30 adalah 1 dan 3
FPB dari 27 dan 30 adalah 3
2. Faktor-faktor
dari 16 adalah 1, 2,4,8,16
Faktor-faktor dari 32adalah 1, 2,4,8,12,32
Faktor persekutuan 16dan 32 adalah 1, 2,4 dan 8
FPB dari 16 dan 32 adalah 8
3. Faktor-faktor
dari 9 adalah 1, 3,9
Faktor-faktor dari 12 adalah 1, 2,3,4,6,12
Faktor persekutuan 9 dan 12 adalah 1 dan 3
FPB dari 9 dan 12 adalah 3
4. Faktor
dari 36 dalah : 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, 36
Faktor
dari 24 adalah 1, 2, 3, 6, 8, 12, 24.
Faktor
persekutuan dari 36 dan 24 dalah : 1, 2, 3, 6, 12
FPB
dari 36 dan 24 adalah 12
5. Faktor
dari 8 adalah : 1, 2, 4, 8
Faktor
dari 28 adalah : 1, 2, 4, 7, 14, 28
Faktor
persekutuan dari 8 dan 28 adalah : 1, 2, 4
FPB
dari 8 dan 28 adalah 4
No comments:
Post a Comment