Monday, November 12, 2012

RPP matematika

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Satuan Pendidikan         : SD Negeri
Mata Pelajaran     : Matematika
Kelas/Semester     : IV/I
Alokasi Waktu     : 2 x 35 menit (1x  Pertemuan)
Hari/ Tgl               : 28 Oktober 2010

Standar Kompetensi
2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah .

Kompetensi Dasar
2.3  Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB).

A.   Indikator
1.     Menentukan faktor persekutuan dua bilangan
2.     Menentukan FPB dari dua bilangan dengan menggunakan Faktor dua bilangan.

B.   Tujuan Pembelajaran
1.     Melalui penugasan dan tanya jawab, siswa dapat menentukan faktor persekutuan dua bilangan
2.     Melalui penugasan dan tanya jawab, siswa dapat menentukan FPB dari dua bilangan dengan menggunakan Faktor dua bilangan.

Dampak Pengiring
Setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengggunakan konsep faktorisassi dalam kehidupan sehari- hari

C.   Materi Pembelajaran
FPB
Menentukan FPB dari 30 dan 36
Faktor dari 30 adalah 1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, 30
Faktor dari 36 adalah 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, 36
Faktor persekutuan 30 dan 36 adalah 1, 2, 3,6
FPB dari 30 dan 36 adalah 6

D.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
a.     Pendekatan : Konstruktivisme
b.    Metode: Tanya Jawab, Penugasan.

E.   Langkah-langkah Pembelajaran
a.     Kegiatan awal (15 menit)
1.  Berdoa bersama
2.  Guru mengecek kehadiran siswa
3.  Mengkondisikan kelas untuk siap belajar


4.  Apersepsi dengan mengingat materi tentang faktor dan kelipatan suatu bilangan.
5.  Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
b.    Kegiatan inti (60 menit)
1.     Guru menjelaskan sedikit materi pelajaran
2.     Siswa diberikan kesempatan bertanya
3.     Guru menampilkan media  pemfaktoran
4.     Guru meminta siswa untuk menentukan faktor dari dua bilangan yang telah diberikan oleh guru dengan menggunakan alat peraga faktorisasi suatu bilangan.
5.     Guru meminta siswa untuuk menentukan faktor persekutuan dari dua bilangan yang diberikan oleh guru.
6.     Guru meminta siswa untuk menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan yang diberikan oleh guru.
7.     Siswa diberikan kesempatan bertanya
8.     Guru memantapkan materi
c.      Kegiatan akhir (35 menit)
1.     Siswa menyimpulkan materi pembelajaran
2.     Siswa diberi soal evaluasi
3.     Siswa diberi PR




F.    Media dan Sumber Belajar
a.     Media : garis bilangan dan media femfaktoran
b.    Sumber Belajar
1.     Suyati, Khafid. M. 2007. Pelajaran Matematika untuk Kelas IV Semester 1. Jakarta: Erlangga.
2.     Mustaqim, B dan Astuty, A. 2008. Ayo Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Depdiknas Pusat Perbukuan.
3.     Silabus SD kelas IV SD Negeri 9 Kota Bengkulu

G.  Penilaian
1.     Prosedur : post test
2.     Bentuk : tertulis
3.     Jenis : isian









Soal Evaluasi     
Tentukanlah faktor, faktor persekutuan dan FPB dari bilangan-bilangan di bawah ini:
1.     27 dan 30
2.     16 dan 32
3.     9 dan 12
4.     36 dan 24
5.     8 dan 28

Kunci Jawaban
1.   Faktor-faktor dari  27 adalah 1, 3,9,27
Faktor-faktor dari  30 adalah 1, 2,3,5,6,10, 15, 30
Faktor persekutuan 27 dan 30 adalah 1 dan 3
FPB dari 27 dan 30 adalah 3
2.  Faktor-faktor dari  16 adalah 1, 2,4,8,16
Faktor-faktor dari  32adalah 1, 2,4,8,12,32
Faktor persekutuan 16dan 32 adalah 1, 2,4 dan 8
FPB dari 16 dan 32 adalah 8
3.  Faktor-faktor dari  9 adalah 1, 3,9
Faktor-faktor dari  12 adalah 1, 2,3,4,6,12
Faktor persekutuan 9 dan 12 adalah 1 dan 3
FPB dari 9 dan 12 adalah 3
4.  Faktor dari 36 dalah : 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, 36
Faktor dari 24 adalah 1, 2, 3, 6, 8, 12, 24.
Faktor persekutuan dari 36 dan 24 dalah : 1, 2, 3, 6, 12
FPB dari 36 dan 24 adalah 12
5.  Faktor dari 8 adalah : 1, 2, 4, 8
Faktor dari 28 adalah : 1, 2, 4, 7, 14, 28
Faktor persekutuan dari 8 dan 28 adalah : 1, 2, 4
FPB dari 8 dan 28 adalah 4






Post a Comment