Thursday, November 8, 2012

rpp SD MATEMATIKA


RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN

Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran                 : Matematika
Kelas/Semester                 : IVB/1
Alokasi Waktu                 : 2 x 35 menit (1x pertemuan)
 

A.   Standar Kompetensi
1.     Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam    pemecahan masalah.
B.   Komptensi Dasar
1.3 Melakukan operasi perkalian  dan pembagian.

C.   Indikator
1.     Menyelesaikan hasil operasi perkalian bilangan dengan cara bersusun pendek dan bersusun panjang

D.   Tujuan Pembelajaran
1.     Melalui penugasan, siswa dapat menyelesaikan hasil operasi perkalian bilangan dengan cara bersusun pendek.
2.     Melalui penugasan, siswa dapat melengkapi tabel perkalian.
Dampak Pengiring
Setelah mengikuti proses pembelajaran, siswa dapat terlatih menghitung perkalian, mampu menggunakan penalaran dengan berpikir logis dan kritis, mengomunikasikan gagasan, serta memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan yaitu memiliki rasa ingin tahu, minat untuk memepelajari, sikap ulet dan rasa percaya diri.

B.   Materi Pokok    
a.  Mengalikan Bilangan Dua Angka dengan Bilangan satu  Angka.
          Contoh :
          12 x 2 = …
Jawab :
12
2
––– ×
     24
b.  Mengalikan bilangan tiga angka dengan bilangan satu angka.
Contoh:
210 X 3 = ….
Jawab:
210
3
––– ×
     630

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Investigasi
Metode            : Tanya jawab, Penugasan, eksplorasi, diskusi.

D.   Langkah-langkah Pembelajaran
a.     Kegiatan awal ( 5 menit)
-       Siswa diajak  berdoa bersama
-       Guru mengecek kehadiran siswa
-       Guru mengkondisikan kelas untuk siap belajar
-       Guru melakukan apersepsi.
-       Guru memberikan motivasi bahwa materi perkalian sangat penting kita pelajari bersama supaya kita lebih mudah menjumlahkan banyak angka.
-       Guru menyampaikan  topik dan  tujuan pembelajaran.
b.  Kegiatan Inti (40 menit)
-       Guru melakukan tanya jawab untuk menghafal perkalian 1 sampai 10 secara acak.
-       Guru menjelaskan perkalian dipapan tulis dengan memberikan contoh.
-       Guru menjelaskan cara menghitung perkalian dengan cara bersusun pendek dan cara bersusun panjang
-       Guru memberikan beberapa contoh soal untuk dikerjakan bersama
-       Guru mengeluarkan media berupa tabel perkalian
-       Siswa mengisi tabel yang masih kosong
-       Siswa lain menaggapi
-       Guru memberikan penguatan
-       Siswa diberikan kesempatan bertanya.
-       Guru memantapkan materi
c.   Kegiatan akhir (25 menit)
-       Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru
-       Guru memberikan soal evaluasi
-       Guru memberikan tindak lanjut yaitu PR
E.   Media dan Sumber Pelajaran
1.     Silabus KTSP Matematika Kelas IV SD Semester I
2.     Buku Matematika kelas IV SD Penerbit Erlangga

F. Alat dan Bahan
1. Tabel Perkalian




G. Penilaian
1.     Prosedur tes    : Post tes
2.     Jenis                : Tertulis
3.     Bentuk             : isian







SOAL EVALUASI

Hitunglah hasil perkalian di bawah ini!
1.     25  x  3 =
2.     831  x  5 =
3.     15  x  8  =
4.     9  x  250  =
5.     216  x  4  =
Kunci jawaban:
1.       75
2.       4155
3.       120
4.       2250
5.       864

SKALA PENILAIAN
No
Skor
1
1
2
1
3
3
4
3
5
2
Total skor
10





Post a Comment