RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
IVB/1
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit (1x pertemuan)

A. Standar Kompetensi
1. Memahami
dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan
masalah.
B.
Komptensi
Dasar
1.3 Melakukan
operasi perkalian dan pembagian.
C. Indikator
1. Menyelesaikan
hasil operasi perkalian bilangan dengan cara bersusun pendek dan bersusun panjang
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui penugasan, siswa dapat menyelesaikan hasil operasi perkalian bilangan dengan cara bersusun pendek.
Dampak Pengiring
Setelah mengikuti proses pembelajaran, siswa dapat
terlatih menghitung perkalian, mampu menggunakan penalaran dengan berpikir
logis dan kritis, mengomunikasikan gagasan, serta memiliki sikap menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan yaitu memiliki rasa ingin tahu, minat untuk
memepelajari, sikap ulet dan rasa percaya diri.
B.
Materi Pokok
a. Mengalikan
Bilangan Dua Angka dengan Bilangan satu Angka.
Contoh :
12
x 2 = …
Jawab :
12
2
––– ×
24
b. Mengalikan
bilangan tiga angka dengan bilangan satu angka.
Contoh:
210 X 3 = ….
Jawab:
210
3
––– ×
630
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Investigasi
Metode : Tanya jawab, Penugasan, eksplorasi, diskusi.
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a.
Kegiatan awal ( 5 menit)
-
Siswa diajak berdoa bersama
-
Guru mengecek kehadiran siswa
-
Guru mengkondisikan kelas untuk siap
belajar
-
Guru melakukan apersepsi.
-
Guru
memberikan motivasi bahwa materi perkalian sangat penting kita pelajari bersama
supaya kita lebih mudah menjumlahkan banyak angka.
-
Guru menyampaikan topik
dan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan
Inti (40 menit)
-
Guru
melakukan tanya jawab untuk menghafal perkalian 1 sampai 10 secara acak.
-
Guru menjelaskan perkalian dipapan tulis
dengan memberikan contoh.
-
Guru
menjelaskan cara menghitung perkalian dengan cara bersusun pendek dan cara
bersusun panjang
-
Guru
memberikan beberapa contoh soal untuk dikerjakan bersama
-
Guru mengeluarkan media berupa tabel
perkalian
-
Siswa mengisi tabel yang masih kosong
-
Siswa lain menaggapi
-
Guru
memberikan penguatan
-
Siswa
diberikan kesempatan bertanya.
-
Guru
memantapkan materi
c.
Kegiatan
akhir (25 menit)
-
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru
-
Guru
memberikan soal evaluasi
-
Guru
memberikan tindak lanjut yaitu PR
E. Media
dan Sumber Pelajaran
1.
Silabus KTSP Matematika Kelas IV SD Semester I
2.
Buku Matematika kelas IV SD Penerbit
Erlangga
F. Alat dan Bahan
1. Tabel Perkalian
G. Penilaian
1.
Prosedur tes : Post
tes
2.
Jenis :
Tertulis
3.
Bentuk :
isian
SOAL EVALUASI
Hitunglah hasil perkalian di bawah ini!
1.
25 x 3
=
2.
831 x 5 =
3.
15 x 8 =
4.
9 x 250 =
5.
216 x 4 =
Kunci jawaban:
1. 75
2. 4155
3. 120
4. 2250
5. 864
SKALA PENILAIAN
No
|
Skor
|
1
|
1
|
2
|
1
|
3
|
3
|
4
|
3
|
5
|
2
|
Total skor
|
10
|
No comments:
Post a Comment