(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IV
Semester : II
Materi : Bangun Ruang Sederhana
Alokasi Waktu : 6 x 35’ (3 Pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi. Geometri dan Pengukuran:
8. Memahami sifat bangun ruang sederhana
dan hubungan antar bangun datar
B.
Kompetensi
Dasar
8.1. Menentukan sifat-sifat bangun ruang
sederhana
C.
Indikator
Produk
1.
Menyebutkan benda-benda yang berbentuk
bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola
2.
Menyebutkan unsur-unsur yang terdapat
pada bangun ruang sederhana (balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola)
3.
Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang balok
dan kubus
4.
Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang
tabung, kerucut, dan bola
Proses
1.
Mengidentifikasi benda-benda yang
berbentuk bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan
bola
2.
Mengidentifikasi unsur-unsur pada bangun ruang sederhana (balok, kubus,
kerucut, tabung, dan bola)
3.
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun
ruang balok dan kubus
4.
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun
ruang tabung, kerucut, dan bola
Keterampilan
Sosial
Melakukan
komunikasi yang meliputi pengamatan, bertanya, dan berpendapat
D.
Tujuan
Pembelajaran
Produk
1.
Melalui pengamatan terhadap benda-benda
yang ada dikelas dan gambar beberapa benda, siswa dapat menyebutkan benda-benda
yang berbentuk bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola dengan
tepat
2.
Diberikan gambar bangun ruang sederhana (balok,
kubus, kerucut, tabung, dan bola), siswa dapat menyebutkan unsur-unsur yang
terdapat pada bangun ruang sederhana (balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola) dengan
benar
3.
Diberikan bentuk serta gambar balok dan kubus,
siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus dengan benar
4.
Diberikan bentuk serta gambar tabung,
kerucut, dan bola, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun ruang tabung,
kerucut, dan bola dengan benar
Proses
1.
Diberikan gambar benda-benda dan bangun
ruang sederhana, siswa dapat:
a.
mengidentifikasi benda-benda yang
merupakan bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan
bola dengan tepat
b.
Mengidentifikasi unsur-unsur pada bangun
ruang sederhana (balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola) dengan tepat
2.
Diberikan gambar dan suatu bentuk bangun
ruang balok dan kubus, siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat dari bangun
ruang balok dan kubus dengan benar
3.
Diberikan bentuk serta gambar tabung,
kerucut, dan bola, siswa dapat Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang tabung,
kerucut, dan bola dengan benar
Keterampilan
Sosial
Terlibat dalam kegiatan pembelajaran
yang berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat melakukan komunikasi meliputi
pengamatan, bertanya, dan berpendapat
E.
Model
dan Metode Pembelajaran
Model
Pendekatan : Kooperatif
F.
Materi
1.
Mengenal bangun ruang sederhana seperti
balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola dengan tepat
2.
Sifat sifat bangun ruang balok dan kubus
3.
Sifat sifat bangun ruang tabung,
kerucut, dan bola
G.
Sumber
Pembelajaran
1.
Khafid, M dan Suyati. 2004. Pelajaran Matematika Penekanan pada
Berhitung Untuk Sekolah Dasar Kelas IV Semester 2. Jakarta : Erlangga
2.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Kelas IV Sekolah Dasar
3.
Silabus matematika kelas IV SD N 5 Kota
Bengkulu
H.
Alat
dan Bahan
1.
Bangun yang berbentuk balok, kubus,
kerucut, tabung, dan bola
2.
Gambar benda-benda yang berbentuk bangun
ruang sederhana
3.
Gambar bangun ruang sederhana seperti
balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola
I. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (2 x 35’)
Pendahuluan
(± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Guru mengkondisikan kelas agar
siswa siap untuk belajar
|
Terlaksana
/ Tidak
|
2.
Guru memberikan apersepsi dengan
menggali pengetahuan siswa melalui pertanyaan berikut:
a.
Anak-anak, coba kalian perhatikan
benda-benda yang ada di dalam kelas ini ada benda apa saja?
b.
Coba anak-anak sebutkan ciri-ciri
dari lemari ini?
|
Terlaksana
/ Tidak
|
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Terlaksana
/ Tidak
|
Inti
(± 45 menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Siswa mendengarkan penjelasan
materi secara singkat dari guru
|
Terlaksana
/ Tidak
|
2.
memperhatikan media berupa gambar
beberapa benda yang berbentuk bangun ruang sederhana
|
Terlaksana
/ Tidak
|
3.
Siswa di minta menyebutkan mana
benda-benda yang berbentuk bangun ruang sederhana
|
Terlaksana
/ Tidak
|
4.
Siswa memperhatikan media berupa
gambar bangun ruang sederhana seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola
|
Terlaksana
/ Tidak
|
5.
Beberapa siswa diminta ke depan
kelas untuk menyebutkan unsur-unsur yang terdapat pada bangun ruang sederhana
seperti balok, kubus, kerucut, tabung, dan bola
|
Terlaksana
/ Tidak
|
6.
Guru membimbing diskusi kelas
membahas jawaban siswa di depan kelas
|
Terlaksana
/ Tidak
|
7.
Guru memberikan penguatan atau
penghargaan secara verbal atau non verbal kepada siswa yang telah menyebutkan
unsur-unsur yang terdapat bangun ruang sederhana seperti balok, kubus,
kerucut, tabung, dan bola
|
Terlaksana
/ Tidak
|
8.
Guru memberikan penjelasan
pemantapan
|
Terlaksana
/ Tidak
|
9.
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk menanyakan hal-hal yang dianggap belum jelas
|
Terlaksana
/ Tidak
|
Penutup
(± 20 menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan materi pembelajaran
|
Terlaksana
/ Tidak
|
2.
Guru membagikan soal evaluasi
|
Terlaksana
/ Tidak
|
3.
Siswa mengerjakan soal evaluasi
|
Terlaksana
/ Tidak
|
4.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
dengan memberikan tindak lanjut
|
Terlaksana
/ Tidak
|
Pertemuan Kedua (2 x 35’)
Pendahuluan
(± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Guru mengkondisikan kelas agar
siswa siap untuk belajar
|
Terlaksana
/ Tidak
|
2.
Guru memberikan apersepsi dengan
menggali pengetahuan dengan memberikan pertanyaan
|
Terlaksana
/ Tidak
|
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Terlaksana
/ Tidak
|
Inti
(± 45 menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Siswa mendengarkan penjelasan
materi secara singkat dari guru
|
Terlaksana
/ Tidak
|
2.
Siswa memperhatikan media berupa
gambar dan bentuk bangun ruang kubus dan balok
|
Terlaksana
/ Tidak
|
3.
Beberapa siswa diminta ke depan
kelas untuk menyebutkan sifat-sifat yang terdapat pada balok dan kubus
tersebut
|
Terlaksana
/ Tidak
|
4.
Guru membimbing diskusi kelas
membahas jawaban siswa di depan kelas
|
Terlaksana
/ Tidak
|
5.
Guru memberikan penguatan atau
penghargaan secara verbal atau non verbal kepada siswa yang telah menyebutkan
sifat-sifat yang terdapat pada balok dan kubus tersebut di depan kelas
|
Terlaksana
/ Tidak
|
6.
Guru memberikan penjelasan
pemantapan
|
Terlaksana
/ Tidak
|
7.
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk menanyakan hal-hal yang dianggap belum jelas
|
Terlaksana
/ Tidak
|
Penutup
(± 20 menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan materi pembelajaran
|
Terlaksana
/ Tidak
|
2.
Guru membagikan soal evaluasi
|
Terlaksana
/ Tidak
|
3.
Siswa mengerjakan soal evaluasi
|
Terlaksana
/ Tidak
|
4.
Guru mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan memberikan tindak lanjut
|
Terlaksana
/ Tidak
|
Pertemuan Ketiga (2 x 35’)
Pendahuluan
(± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Guru mengkondisikan kelas agar
siswa siap untuk belajar
|
Terlaksana
/ Tidak
|
2.
Guru memberikan apersepsi dengan
menggali pengetahuan dengan memberikan pertanyaan
|
Terlaksana
/ Tidak
|
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Terlaksana
/ Tidak
|
Inti
(± 45 menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Siswa mendengarkan penjelasan
materi secara singkat dari guru
|
Terlaksana
/ Tidak
|
2.
Siswa memperhatikan media berupa
gambar serta bangun ruang berbentuk tabung, kerucut, dan bola
|
Terlaksana
/ Tidak
|
3.
Beberapa siswa diminta ke depan
kelas untuk mengidentifikasi sifat-sifat yang terdapat pada bangun ruang
tabung, kerucut, dan bola
|
Terlaksana
/ Tidak
|
4.
Guru membimbing diskusi kelas
membahas jawaban yang diberikan siswa di depan kelas
|
Terlaksana
/ Tidak
|
5.
Guru memberikan penguatan atau
penghargaan secara verbal atau non verbal kepada siswa yang telah mengidentifikasi
sifat-sifat yang terdapat pada bangun ruang tabung, kerucut, dan bola
|
Terlaksana
/ Tidak
|
6.
Guru memberikan penjelasan
pemantapan
|
Terlaksana
/ Tidak
|
7.
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk menanyakan hal-hal yang dianggap belum jelas
|
Terlaksana
/ Tidak
|
Penutup
(± 20 menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan materi pembelajaran
|
Terlaksana
/ Tidak
|
2.
Guru membagikan soal evaluasi
|
Terlaksana
/ Tidak
|
3.
Siswa mengerjakan soal evaluasi
|
Terlaksana
/ Tidak
|
4.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
dengan memberikan tindak lanjut
|
Terlaksana
/ Tidak
|
J.
Evaluasi
1.
Prosedur :
post tes
2.
Jenis :
tertulis
3.
Bentuk :
essay
4.
Alat :
soal
Daftar Pustaka
Purwantari, Teguh. dkk.
2006. Memahami dan Berlatih Matematika SD
dan MI. Jakarta : Bumi Aksara
Armaini, Rina. dkk.
2004. Matematika 4 Untuk Siswa Sekolah
Dasar Kelas IV. Bandung : Acarya Media Utama
Khafid, M dan Suyuti.
2004. Pelajaran Matematika Penekanan pada
Berhitung Untuk Sekolah Dasar Kelas IV Semester 2. Jakarta : Erlangga
Mustaqim,
Burhan dan Astuty, Ary. 2008. Ayo
Belajar Matematika Jilid 4 untuk SD
dan MI kelas IV. Jakarta : CV.
Buana Raya
No comments:
Post a Comment