RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas/ Semester : V/I
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit (1 x Pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
1. Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu,
Budha, dan Islam, keragaman, kenampakan alam, dan suku bangsa serta kegiatan
ekonami di Indonesia.
B.
Kompetensi
Dasar
1.5 Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
C.
Pokok
Bahasan
Kegiatan Ekonomi Indonesia
D.
Indikator
1. Menjelaskan
jenis usaha perekonomian dalam masyarakat .
2. Mengidentifikasi
contoh dari usaha-usaha dibidang agraris, industri, perdagangan dan jasa dalam
perekonomian masyarakat..
E.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
mengamati gambar jenis- jenis usaha, siswa dapat menyebutkan 4 jenis usaha
perekonomian masyarakat.
2. Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan pengertian dari jenis usaha agraris,
industri, perdagangan dan jasa dengan benar.
3. Dengan
menggunakan kartu kata, siswa dapat memberikan contoh usaha dibidang agraris,
industri, perdagangan dan jasa dengan benar.
F.
Materi Pembelajaran
Kegiatan Ekonomi
Indonesia
A. Usaha
dalam bidang ekonomi
1. Jenis-jenis
usaha perekonomian masyarakat
a. Agraris(Pertanian)
b. Industri
c. Perdagangan
d. Jasa
2. Pengelolaan
usaha
a. Usaha
yang dikelola perseorangan
Bentuk perusahaan
perorangan sebagai berikut:
1) Usaha
pertanian, misalnya: petani padi, jagung, sayuran atau buah-buahan.
2) Usaha
industri hanya sebagian kecil yang dikelola oleh perseorangan. Industri yang dikelola perseorangan biasanya
digolongkan sebagai industri rumah tangga. Misalnya: industri anyaman, industry
gerabah dari tanah liat.
3) Bidang
perdagangan, misalnya: pedagang kaki lima,
pedagang asongan dan pedagang keliling.
4) Bidang
jasa misalnya: tukang cukur, salon, tukang jahit, bengkel, ojek dan lain-lain.
b. Usaha
yang dikelola kelompok
1) Firma
(Fa)
2) Persekutuan
Komanditer (CV)
3) Perseroan
Terbatas (PT)
4) Koperasi
5) Badan
Usaha Milik Negara (BUMN)
B. Kegiatan
Ekonomi di Indonesia
1. Kegiatan
Produksi
2. Kegiatan
Distribusi
Lembaga-lembaga
distribusi adalah sebagai berikut:
a. Agen
b. Pedagang
besar
c. Pedagang
eceran (pengecer)
3. Kegiatan
konsumsi
G.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan:
Konstruktivisme dan kooperatif learning dengan teknik NHT ( Number
Head Together)
Metode : ceramah,
Tanya jawab, Pemberian tugas.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Pendahuluan
1. Guru
mengkondisikan kelas agar siswa siap untuk belajar
2. Siswa berdoa
3. Guru
mengabsen siswa
4. Guru
menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan pembelajaran.
5.
Guru melakukan apersepsi dengan dengan
memberikan pertanyaan kepada siswa “ Apakah pekerjaan ayah kalian? Orang tua
siapa sajakah yang bekerja sebagai petani? Yang buka warung? Atau ada yang
bekerja sebagai guru atau dokter? Nah, semua jenis pekerjaan tersebut apakah
termasuk dalam jenis usaha perekonomian masyarakat? Marilah kita pelajari
bersama-sama.
6. Guru menyampaikann tujuan
pembelajaran yang hendak dicapai siswa.
b. Kegiatan
inti
1. Siswa
diorganisasikan untuk membentuk kelompok.
-
Setiap siswa terdiri atas 4 orang dan
dibagikan LDS
-
Guru membagikan nomor urut kepada
masing-masing siswa.
2. Siswa
memperhatikan petunjuk guru, cara mengerjakan LDS.
3.
Siswa berdiskusi
dalam kelompok untuk membahas tentang jenis-jenis usaha perekonomian masyarakat
. Setiap siswa mengemukakan pendapatnya dalam diskusi kelompok. Kemudian menyimpulkan
hasil diskusi kelompoknya dalam LDS.
4. Siswa
dan guru mengadakan permainan tanya jawab tentang jenis-jenis usaha
perekonomian masyarakat sesuai dengan nomor urut yang dipegang oleh
masing-masing siswa.
5.
Guru membacakan
soal nomor satu kemudian siswa-siswa yang memegang nomor urut satu berkompetisi
untuk menjawab pertanyaan nomor satu tersebut.
Siswa yang lain menyimak jawaban temannya. Begitu seterusnya.
6.
Guru memberikan
pengarahan terhadap jawaban siswa yang kurang betul, dan memberikan penghargaan
secara verbal kepada siswa yang benar
7.
Siswa dan guru
secara klasikal membahas tentang hasil diskusi masing-masing kelompok.
8.
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang materi yang belum dipahami tentang jenis-jenis
usaha perekonomian masyarakat.
c.
Kegiatan penutup
(15 menit)
1.
Siswa bersama
guru menyimpulkan materi pelajaran yang telah dipelajari tentang jenis-jenis
usaha perekonomian masyarakat.
2.
Guru melakukan
evaluasi
3.
Guru memberikan
tugas kepada siswa untuk mempelajari pokok bahasan selanjutnya di rumah.
I.
Sumber Pembelajaran
1.
Silabus Mata Pelajaran
IPS Kelas V, SD Negeri 45 Kota
Bengkulu.
2.
KTSP Tahun 2006.
3.
Buku IPS Terpadu
untuk SD Kelas V, Penerbit Erlangga, Halaman 83-96
4.
LDS
J.
Alat dan Bahan
1.
Spidol
2.
Karton
K.
Penilaian
1.
Penilaian Proses

2.
Penilaian Hasil
Belajar

3.
Alat Penilaian

Bengkulu, 11 oktober 2010
Praktikan
KONDINSI
A1G
007027
|
LEMBAR DISKUSI SISWA
Nama Ketua :
Anggota :
1.
2.
3.
4.
Jenis : Menjawab
Pertanyaan
Objek
Kajian : Jenis-jenis usaha
perekonomian masyarakat.
Petunjuk
Umum :
1.
Baca petunjuk umum
2.
Kerjakan sesuai dengan petunjuk
yang ada pada LDS
3.
Kerjakanlah secara berkelompok.
Petunjuk Khusus :
1. Diskusikanlah
dengan teman-teman sekelompokmu!
2. Isilah tabel di bawah ini
Jenis-jenis Usaha Masyarakat
No
|
Bidang Usaha
|
Pengertian
|
Contoh
|
1
|
Agraris
(pertanian)
|
||
2
|
Industri
|
||
3
|
Perdagangan
|
||
4
|
Jasa
|
SOAL
EVALUASI
Berilah
tanda silang (
)
pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling tepat!

1.
Kegiatan produksi yang menggunakan tanah
sebagai faktor produksi utama disebut usaha bidang …….
a. Industri
b. Jasa
c. Agraris
d. Perdagangan
2.
Membudidayakan ikan hias termasuk usaha
di bidang………
a. Agraris
b. Perdagangan
c. Industri
d. Jasa
3.
Kursi, meja, dan lemari merupakan hasil
kegiatan usaha dibidang…….
a. Agraris
b. Industri
c. Perdagangan
d. Jasa
4.
Usaha bidang perdagangan adalah…………….
a.
Kegiatan membeli dan menjual barang
b.
Kegiatan produksi yang menggunakan tanah
sebagai faktor produksi
c.
Kegiatan mengolah suatu barang mentah
menjadi barang baku
atau barang jadi.
d.
Kegiatan produksi yang tidak
menghasilkan benda, melainkan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai
dengan kebutuhan
5.
Berikut ini yang bukan merupakan
pekerjaan bidang jasa adalah………
a. Dokter
b. Sopir
c. Petani
d. Salon
6.
Perikanan air payau di usahakan di ?
a. Air
sungai
b. Air
danau
c. Rawa-rawa
d. Di
tepi pantai
7.
Contoh peternakan hewan unggas adalah ?
a. Burung
b. Kambing
c. Sapi
d. kelinci
8.
Jelaskan perbedaan intensifikasi dan
ekstensifikasi ?
9.
Jelaskan perbedaan perikanan air payau
dan perikanan air tawar ?
No comments:
Post a Comment