RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
IV/I
Alokasi
Waktu :
2 x 35 Menit ( 1 x Pertemuan )
Materi : Pengukuran
A.
Standar
Kompetensi
3. Menggunakan
pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
3.1. Menentukan besar
sudut dengan satuan derajat.
C.
Indikator
1. Menentukan
besar sudut dengan menggunakan busur derajat.
2. Mengukur
besar suatu sudut dengan menggunakan busur derajat.
3. Menentukan
sudut siku-siku,Lancip, dan tumpul
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
media gambar sudut, siswa dapat menentukan bagian-bagian dari sudut dengan
tepat
2. Di
berikan busur derajat, siswa dapat
menentukan besar sudut
3. Dengan
di berikan busur derajat, siswa
dapat menentukan besar suatu sudut
dengan tepat.
4. Dengan
menggunakan busur derajat, siswa menghitung besar suatu sudut
5. Dengan
diberikan gambar bermacam-macam sudut, siswa dapat menentukan sudut siku-siku,
lancip, dan tumpul
E.
Materi
Pengukuran Sudut
F.
Metode
Pembelajaran.
1. Metode:
Ceramah, pengamatan, tanya jawab, penugasan
G.
Kegiatan
Pembelajaran
a.
Pendahuluan (± 5 menit )
1.
Guru menyampaikan materi dengan
memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran. Misalnya:
a. Anak-anak
coba tangan kalian ditekuk, antara tangan dan kalian itu membentuk apa?
b. Selain
itu coba kalian perhatikan setiap pojokkan-pojokkan ruangan kelas, disubut apa
setiap pojokkan-pojokkan itu?
c. Nah
untuk mengetahui hal itu marilah kita mempelajari materi ini selanjutnya.
b.
Guru mengemukakan tujuan yang
hendak di capai
c.
Kegiatan
Inti (±50 menit)
1. Guru
menjelaskan materi pembelajaran secara umum
2. Siswa
memperhatikan penjelasan guru
3. Guru
memperagakan cara menggunakan busur derajat untuk mengukur sudut
4. Dengan
menggunakan media gambar sudut, Beberapa siswa diminta untuk menentukkan besar
suatu sudut dengan menggunakan busur derajat
5. Siswa
diminta untuk membandingkan besar suatu sudut
6. Guru
membimbing siswa
7.
Melalui gambar bermacam-macam sudut yang
ditempel dipapan tulis, beberapa siswa secara bergantian diminta untuk
menentukan besar sudut dan nama sudut
8.
Guru membimbing siswa
9.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
terhadap materi pembelajaran yang belum di mengerti.
10. Guru
menanggapi pertanyaan siswa
d.
Kegiatan
Akhir (± 15 menit )
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
2. Siswa
mengerjakan evaluasi
H.
Sumber
Pelajaran
1. Buku
Matematika SD kelas IV, karangan Tim Bina Karya Guru, penerbit erlangga
2.
Silabus
SD kelas IV KTSP
I.
Alat
dan Bahan
1. Gambar
sudut
2. Busur
derajat.
J.
Evaluasi
1. Penilaian
Proses : Pengamatan selama
proses pembelajaran berlangsung
2. Penilaian
Hasil : Tertulis
Bengkulu, 25 november
2010
Praktikan
KONDINSI
A1G 007027
|
Jawablah Pertanyaan di bawah ini dengan
benar
1.
sudut
teiri dari 3 macam adalah.....................,....................., dan .......................................
2.
ukurlah
gambar-gambar sudut berikut dengan menggunakan busur derajad, kemudian jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
a.. Antara sudut C dengan sudut D yang lebih besar
adalah sudut..................
b.
.. Antara sudut D dengan sudut F yang lebih besar adalah sudut..................
3.
Besar
sudut dibawah ini
adalah.........................................................
a.
Besar < C
adalah..........
b.
Besar < D
adalah..........
4.
Tentukanlah
besar sudut di bawah ini dengan menggunakan busur derajat!
a.
b.
.
c.
.
d.
5.
Periksalah
jenis sudut yang ada pada permukaan bangun datar berikut. Tentukan nama sudut nya??
a. sudut apakah yang ada pada segitiga
sama sisi adalah termasuk sudut ?
b, sudut apakah yang terdapat pada Permukaan
meja ?
Kunci
Jawaban
1. Sudut
siku-siku ,sudut lancip, dan sudut tumpul.
2. Yang
lebih besar adalah:
a. Sudut
D
b. Sudut
D
3. Besar
sudut :
a. Besar
< C adalah 3 sudut satuan
b. Besar
< D adalah 5 sudut satuan
4. Besar
sudut dibawah ini
adalah.........................................................
c. Besar < C
adalah..........
d. Besar < D
adalah..........
5. Tentukanlah
besar sudut di bawah ini dengan menggunakan busur derajat!
e.
f.
.
g.
.
h.
6. Periksalah
jenis sudut yang ada pada permukaan bangun datar berikut. Tentukan nama sudut
nya??
a. sudut apakah yang ada pada
segitiga sama sisi dalah termasuk sudut ? sudut lancip
b, sudut apakah yang terdapat pada
Permukaan meja ?sudut siku-siku
PENILAIAN KELAS
Penilaiaan kelas dilakukan selama proses pembelajaran
berlangsung,baik saat siswa bekerja dalam kelompok maupun saat siswa bekerja
secara individu dan presentasi didepan kelas lembaran ini diisi per-15 menit.
Kelas :IV SD
Tanggal : 25 November 2010
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
|||||
NO
|
NAMA SISWA
|
I
|
2
|
3
|
4
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
|||||
11
|
|||||
12
|
|||||
13
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS
IV SD SEMESTER I
OLEH
KONDINSI
A1G007027
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2010
No comments:
Post a Comment