(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas : V
Semester : II
Alokasi Waktu : 2 ´ 35 Menit (1 pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
5. Menggunakan pecahan
dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
5.3 Mengalikan
dan membagi berbagai bentuk pecahan
C.
Indikator
1.
Siswa dapat mengetahui cara mengalikan
pecahan biasa dengan pecahan biasa
2.
Siswa dapat mengetahui cara mengalikan
pecahan biasa dengan pecahan campuran
3.
Siswa dapat mengetahui cara mengalikan
pecahan campuran dengan pecahan campuran
4.
Siswa dapat mengalikan pecahan lebih dari dua
bilangan
1.
Dengan penjelasan
guru, siswa dapat mengalikan minimal 3 soal tentang pecahan biasa dengan
pecahan biasa
2.
Dengan penjelasan
guru, siswa dapat mengalikan minimal 3 soal tentang pecahan biasa dengan
pecahan campuran
3.
Dengan penjelasan
guru, siswa dapat mengalikan minimal 3 soal tentang pecahan campuran dengan
pecahan campuran
4.
Dengan penjelasan
guru, siswa dapat mengalikan minimal 3 soal tentang pecahan lebih dari dua
bilangan
- Model pembelajaran
a.
Model Pendekatan :
Kooperatif
b.
Metode : ceramah,
diskusi.
- Materi pembelajaran
a. Mengalikan pecahan biasa dengan pecahan
biasa.
b. Mengalikan pecahan biasa dengan pecahan campuran.
c. Mengalikan pecahan campuran dengan pecahan
campuran
d. Mengalikan pecahan yang lebih dari dua
bilangan.
- Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Guru mengucapkan salam
b. Guru mengkondisikan kelas ke arah
pembelajaran yang efektif.
c. Guru mengecek kehadiran, kesiapan fisik
dan mental siswa.
d. Guru memberikan apersepsi
e. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran
tentang perkalian bilangan pecahan
2.
Inti
a. Guru
menjelaskan materi pembelajaran secara umum
b. Siswa
memperhatikan penjelasan guru
c. Guru
mengerjakan contoh soal tentang materi pembelajaran.
d. Guru
memberikan kesempatan untuk bertanya.
e. Siswa
diminta mengerjakan contoh soal di depan papan tulis.
f. Guru
mengeluarkan media berbentuk table soal.
g. Siswa
diminta mengisi media table tersebut.
h. Guru memberikan evaluasi
i. Siswa diminta untuk
mengerjakan soal evaluasi tersebut dengan diskusi teman sebangku
j. Guru
membimbing siswa
k. Siswa
mengumpulkan latihan
l. Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya terhadap materi pembelajaran yang belum dimengerti.
m. Guru
menanggapi pertanyaan siswa
3.
Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.
guru
memberikan tindak lanjut
H.
Sumber pembelajaran
1.
Matematika 5 untuk
siswa kelas V Acarya Media Utama Bab 5, Perkalian dan pembagian pecahan.
2.
Matematika 5 SD / MI
kelas 5, RJ Soenarjo ( BSE )
I.
Alat dan Bahan
1. Media soal
- Evaluasi
· Penilaian
Proses : Pengamatan selama proses
pembelajaran berlangsung
· Penilaian
Hasil : Tertulis
·
Bengkulu,
januari 2011
Praktikan,
KONDINSI
A1G 007 027
|
EVALUASI
No comments:
Post a Comment