Saturday, January 26, 2013

buat teman-teman

maaf ya udah lama tidak memposting rp baru.......
sedang fokus dengan kegiatan mengajar.......
sekarang kita mulai lagy........
semoga bermanfaat buat pembaca...
jangan lupa dikoment postingan rppnya
biar tahu apa kelebihan n kekurangan rpp yang telah saya posting
buat refleksi pembuatan rpp berikutnya, terus bisa memuat sesuai apa yang pembaca inginkan

rpp lengkap kelas 4 matematika


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :  Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            :  Matematika
Kelas                           :  IV
Semester                      :  II
Alokasi Waktu            : 4 ´ 35 Menit (2 x  pertemuan)

A.  Standar Kompetensi
6.  Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

B.  Kompetensi Dasar
6.1.Menjelaskan arti pecahan dan urutannya

 C.  Indikator
      Produk
1.      Menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan.
2.      Menyatakan nilai pecahan yang sejenis.
3.      Menuliskan letak suatu pecahan pada garis bilangan.
Proses
4.      Menjelaskan berbagai strategi  untuk menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan.
5.      Menyatakan nilai pecahan yang sejenis melalui media gambar dan sebaliknya.
6.      Melakukan pengecekan hasil suatu pecahan pada garis bilangan.

Keterampilan Sosial
7.      Melakukan komunikasi meliputi persentasi, bertanya, dan berpendapat.

D.           Tujuan Pembelajaran
 Produk:
a.       Diberikan beberapa gambar yang telah diberi arsir, siswa dapat menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan.
b.      Melalui diagram pecahan siswa dapat menentukan nilai pecahan yang sejenis.
c.       Melalui media garis bilangan pecahan siswa dapat menuliskan letak suatu pecahan secara berurutan.

Proses:
1.      Diberikan suatu permasalahan untuk menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan, siswa dapat  menjelaskan berbagai strategi penyelesaiannya. 
2.       Setelah menyatakan nilai pecahan yang sejenis melalui media gambar dan sebaliknya. Siswa melakukan pengecekan hasil suatu pecahan pada garis bilangan.


Keterampilan sosial
1.  Terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat melakukan komunikasi meliputi persentase, bertanya, dan berpendapat.

E.     Model pembelajaran
a.       Model Pendekatan : Kooperatif
b.      Metode : Pemecahan masalah (Problem solving) melalui diskusi kelompok dengan bimbingan guru.

F.     Materi pembelajaran
1.      Beberapa bagian dari keseluruhan.
2.      Pecahan yang sejenis atau senilai.
3.      Menuliskan letak pecahan pada garis bilangan.

G.    Sumber pembelajaran
1.      Matematika 4 untuk siswa kelas IV Acarya Media Utama Bab 7, Arti Pecahan.
2.      Matematika untuk sekolah dasar kelas IV Bab 6, pecahan.
3.      LKS 1 ; gambar pecahan
4.      Kunci LKS 1 ; gambar pecahan
5.      LKS 2 ; garis bilangan pecahan
6.      Kunci LKS 2 ; garis bilangan pecahan
7.      Lembar penilaian; menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan,  nilai pecahan yang sejenis, menuliskan letak suatu pecahan pada garis bilangan, Mengurutkan pecahan berpenyebut sama.
H.    Alat dan Bahan
1.      Media, Media gambar pecahan, garis bilangan pecahan.