maaf ya udah lama tidak memposting rp baru.......
sedang fokus dengan kegiatan mengajar.......
sekarang kita mulai lagy........
semoga bermanfaat buat pembaca...
jangan lupa dikoment postingan rppnya
biar tahu apa kelebihan n kekurangan rpp yang telah saya posting
buat refleksi pembuatan rpp berikutnya, terus bisa memuat sesuai apa yang pembaca inginkan
Berikut kumpulan contoh RPP Guru SD, SMP, SMA untuk mapel Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, PKn, SBK dan Tematik.
Saturday, January 26, 2013
rpp lengkap kelas 4 matematika
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas
: IV
Semester
: II
Alokasi
Waktu : 4 ´ 35
Menit (2 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
6.1.Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
C. Indikator
Produk
1.
Menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan.
2.
Menyatakan nilai pecahan yang sejenis.
3.
Menuliskan
letak suatu pecahan
pada garis bilangan.
Proses
4.
Menjelaskan berbagai strategi untuk menyatakan beberapa bagian dari
keseluruhan.
5.
Menyatakan nilai pecahan yang sejenis melalui media gambar dan sebaliknya.
6.
Melakukan pengecekan hasil suatu pecahan pada garis bilangan.
Keterampilan Sosial
7.
Melakukan
komunikasi meliputi persentasi, bertanya, dan berpendapat.
D.
Tujuan Pembelajaran
Produk:
a.
Diberikan beberapa gambar yang telah diberi arsir, siswa dapat menyatakan
beberapa bagian dari suatu keseluruhan.
b. Melalui diagram pecahan siswa
dapat menentukan nilai pecahan yang sejenis.
c.
Melalui media garis bilangan pecahan siswa dapat menuliskan letak suatu pecahan secara berurutan.
Proses:
1.
Diberikan suatu permasalahan untuk menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan,
siswa dapat menjelaskan berbagai strategi penyelesaiannya.
2.
Setelah menyatakan nilai pecahan yang sejenis melalui media gambar dan
sebaliknya. Siswa melakukan pengecekan hasil suatu pecahan pada garis
bilangan.
Keterampilan sosial
1.
Terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa
dapat melakukan komunikasi meliputi persentase, bertanya, dan berpendapat.
E. Model pembelajaran
a. Model Pendekatan :
Kooperatif
b.
Metode : Pemecahan masalah (Problem solving) melalui diskusi kelompok dengan
bimbingan guru.
F. Materi pembelajaran
1. Beberapa bagian dari keseluruhan.
2. Pecahan yang
sejenis atau senilai.
3. Menuliskan
letak pecahan pada garis bilangan.
G. Sumber pembelajaran
1. Matematika 4 untuk siswa kelas IV
Acarya Media Utama Bab 7, Arti Pecahan.
2. Matematika
untuk sekolah dasar kelas IV Bab 6, pecahan.
3. LKS 1 ;
gambar pecahan
4. Kunci LKS 1
; gambar pecahan
5. LKS 2 ;
garis bilangan pecahan
6. Kunci LKS 2
; garis bilangan pecahan
7. Lembar
penilaian; menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan,
nilai pecahan yang sejenis, menuliskan letak suatu pecahan pada garis bilangan,
Mengurutkan pecahan berpenyebut sama.
H. Alat
dan Bahan
1. Media, Media
gambar pecahan, garis bilangan pecahan.
Subscribe to:
Posts (Atom)