Saturday, January 26, 2013

rpp lengkap kelas 4 matematika


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :  Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            :  Matematika
Kelas                           :  IV
Semester                      :  II
Alokasi Waktu            : 4 ´ 35 Menit (2 x  pertemuan)

A.  Standar Kompetensi
6.  Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

B.  Kompetensi Dasar
6.1.Menjelaskan arti pecahan dan urutannya

 C.  Indikator
      Produk
1.      Menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan.
2.      Menyatakan nilai pecahan yang sejenis.
3.      Menuliskan letak suatu pecahan pada garis bilangan.
Proses
4.      Menjelaskan berbagai strategi  untuk menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan.
5.      Menyatakan nilai pecahan yang sejenis melalui media gambar dan sebaliknya.
6.      Melakukan pengecekan hasil suatu pecahan pada garis bilangan.

Keterampilan Sosial
7.      Melakukan komunikasi meliputi persentasi, bertanya, dan berpendapat.

D.           Tujuan Pembelajaran
 Produk:
a.       Diberikan beberapa gambar yang telah diberi arsir, siswa dapat menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan.
b.      Melalui diagram pecahan siswa dapat menentukan nilai pecahan yang sejenis.
c.       Melalui media garis bilangan pecahan siswa dapat menuliskan letak suatu pecahan secara berurutan.

Proses:
1.      Diberikan suatu permasalahan untuk menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan, siswa dapat  menjelaskan berbagai strategi penyelesaiannya. 
2.       Setelah menyatakan nilai pecahan yang sejenis melalui media gambar dan sebaliknya. Siswa melakukan pengecekan hasil suatu pecahan pada garis bilangan.


Keterampilan sosial
1.  Terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat melakukan komunikasi meliputi persentase, bertanya, dan berpendapat.

E.     Model pembelajaran
a.       Model Pendekatan : Kooperatif
b.      Metode : Pemecahan masalah (Problem solving) melalui diskusi kelompok dengan bimbingan guru.

F.     Materi pembelajaran
1.      Beberapa bagian dari keseluruhan.
2.      Pecahan yang sejenis atau senilai.
3.      Menuliskan letak pecahan pada garis bilangan.

G.    Sumber pembelajaran
1.      Matematika 4 untuk siswa kelas IV Acarya Media Utama Bab 7, Arti Pecahan.
2.      Matematika untuk sekolah dasar kelas IV Bab 6, pecahan.
3.      LKS 1 ; gambar pecahan
4.      Kunci LKS 1 ; gambar pecahan
5.      LKS 2 ; garis bilangan pecahan
6.      Kunci LKS 2 ; garis bilangan pecahan
7.      Lembar penilaian; menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan,  nilai pecahan yang sejenis, menuliskan letak suatu pecahan pada garis bilangan, Mengurutkan pecahan berpenyebut sama.
H.    Alat dan Bahan
1.      Media, Media gambar pecahan, garis bilangan pecahan.

I.                   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 35’)
Pendahuluan (± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.         Memotivasi siswa dengan menceritakan pengalaman yag berkenaan dengan konsep pecahan seperti ibu kemarin diberi teman kue 1, namun ke 2 adik mau juga kue tersebut, lalu kue tersebut ibu apakan?? Kemudian guru memberikan pertanyaan lanjutan kepada siswa berkenaan dengan materi pelajaran.
Terlaksana/Tidak
2.         Menyampaikan inti tujuan pembelajaran (fase 1: menyampaikan tujuan dan motivasi)
Terlaksana/Tidak

Inti (± 60 menit)
1.         Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang proses konsep dari pecahan (fase 2: Menyampaikan informasi).
Terlaksana/Tidak
2.         Meminta siswa duduk dalam kelompok masing-masing dan memberi tugas kelompok berupa LKS (fase 3: Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok).
Terlaksana/Tidak
3.         Membimbing siswa menyelesaikan tugas dan LKS 1 sambil menjalankan penilaian kelas dan penilaian progres individu (fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar).
Terlaksana/Tidak
4.         Meminta siswa mempersentasikan hasil diskusinya dan memberikan penilaian terhadap aktivitas (fase 5: Evaluasi).
Terlaksana/Tidak
5.         Memberikan penghargaan secara verbal pada kelompok yang aktif (fase 6: Memberi penghargaan).
Terlaksana/Tidak

Penutup (±10 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Bersama siswa membuat rangkuman terhadap butir-butir penting pembelajaran yang berkenaan dengan materi pembelajaran.
Terlaksana/Tidak
2.      Guru memberikan Evaluasi
Terlaksana/Tidak
3.      Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi selanjutnya.


Pertemuan kedua (2 x 35’)
Pendahuluan (± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Memotivasi siswa dengan menceritakan pengalaman yag berkenaan dengan konsep pecahan.  Dan menanyakan materi sebelumnya.
Terlaksana/Tidak
2.      Menyampaikan inti tujuan pembelajaran (fase 1: menyampaikan tujuan dan motivasi)
Terlaksana/Tidak

Inti (± 60 menit)
3.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang proses konsep dari pecahan (fase 2: Menyampaikan informasi).
Terlaksana/Tidak
4.      Meminta siswa duduk dalam kelompok masing-masing dan memberi tugas kelompok berupa LKS (fase 3: Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok).
Terlaksana/Tidak
5.         Membimbing siswa menyelesaikan tugas dan LKS 1 sambil menjalankan penilaian kelas dan penilaian progres individu (fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar).
Terlaksana/Tidak
6.         Meminta siswa mempersentasikan hasil diskusinya dan memberikan penilaian terhadap aktivitas (fase 5: Evaluasi).
Terlaksana/Tidak
7.         Memberikan penghargaan secara verbal pada kelompok yang aktif (fase 6: Memberi penghargaan).
Terlaksana/Tidak

Penutup (±10 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.         Bersama siswa membuat rangkuman terhadap butir-butir penting pembelajaran yang berkenaan dengan materi pembelajaran.
Terlaksana/Tidak
2.         Guru memberikan Evaluasi
Terlaksana/Tidak
3.         Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi selanjutnya (tindak lanjut).
Terlaksana/Tidak

J.                   Evaluasi
Lembar Penilaian (LP)
Penilaian kelas: Menggunakan lembar Check List penilaian klasikal.
Penilaian Progress Individu: Menggunakan lembar penilaian progros individu.

Daftar Pustaka
      Armaini Rina, dkk. 2004, Buku Matematika4 Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Acarya Media Utama: Bandung.
      Nur, m, 2004 Model Pembelajaran Kooperatyif, Unipress, Unesa: Surabaya.
LEMBARAN KEGIATAN SISWA

Nama Kelompok         :
                                       1.
                                       2.
                                       3.
Kelas                           :

Tanggal                       :


Petunjuk:
1.      Isilah titik-titik pada kolom di bawah ini dengan nilai pecahan sesuai dengan gambar!
2.      Manakah Nilai pecahan yang sejenis atau senilai di bawah ini!


No
Gambar
Pecahan

1.



2.



3.




4.





5.




6.




7.




8.






















 



















….………..



….………..



….………..



….………..





….………..



….………..




….………..




….………..






Jawab:
Nilai pecahan yang sejenis atau senilai adalah:











LEMBARAN KEGIATAN SISWA

Nama Kelompok         :
             1.
             2.
             3.
             4.
             5.
Kelas                           :

Tanggal                       :


Petunjuk:
1.      Isilah titik-titik pada garis bilangan pecahan di bawah ini dengan nilai pecahan sesuai dengan urutannya!


KUNCI JAWABAN LKS 1


1.      Isilah titik-titik pada kolom di bawah ini dengan nilai pecahan sesuai dengan gambar!
2.      Manakah Nilai pecahan yang sejenis atau senilai di bawah ini!

No
Gambar
Pecahan

1.



2.



3.




4.





5.




6.




7.




8.























 

















….………..

….………..

….………..


……. ………..


….………..


….………..


….………..



..................


Jawab:
Nilai pecahan yang sejenis atau senilai adalah: , , , ,

KUNCI JAWABAN LKS 1

1.      Isilah titik-titik pada garis bilangan pecahan di bawah ini dengan nilai pecahan sesuai dengan urutannya!

Lembar penilaian: Beberapa bagian dari keseluruhan, Pecahan yang sejenis atau senilai, Meletakan letak pecahan pada garis bilangan.


1.  Daerah yang diarsir pada gambar di bawah menunjukkan
pecahan ? . . . .

       ..................

     ..................
2.      Buatlah pecahan dalam bentuk gambar yang menyatakan nilai pecahan , , , , . ?
3.      Tulislah pecahan-pecahan yang sejenis atau senilai dengan pecahan berikut!.
a.  =   ......., ........., ........., ........, .........
b.  =   ......., ........., ........., ........, .........
 c.  =   ......., ........., ........., ........, .........
  d.  =   ......., ........., ........., ........, .........
4. Tuliskanlah letak pecahan  ,  pada garis bilangan pecahan?



Kunci Lembar penilaian: Beberapa bagian dari keseluruhan, Pecahan yang sejenis atau senilai, Meletakan letak pecahan pada garis bilangan.


1.
   ........ ........

     .................
2. Bentuk gambar yang menyatakan nilai pecahan.
          =                          
           =     
          =   
           =    
           =
3. Pecahan yang senilai
a.  =    ,   ,  
b.  =  
 c.  =  
  d.  =  
4.  Letak pecahan  ,  pada garis bilangan pecahan.
            PENILAIAN KELAS

Penialian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, baik saat siswa bekerja dalam kelompok-kelompok maupun saat siswa bekerja secara individu dan persentasi di depan kelas. Lembar penilaian ini diisi per 15 menit

                  

Kelas               :  V SD
Tanggal           :  .............

No.
Nama Siswa














1. 















2. 















3. 















4. 















5. 















6. 















7. 















8. 















9. 















10.             















11.             















12.             















13.             















14.             















15.             















16.             















17.             















18.             















19.             















20.             















21.             















22.             















23.             















24.             















25.             















26.             















27.             















28.             















29.             















30.             
































KEMAJUAN INDIVIDU
Petunjuk:
Beri tanda centang kepada kolom level untuk setiap level pemahaman yang dicapai siswa terhadap tujuan pembelajaran tertentu.

Nama Siswa:                                                                                Tanggal:

Indikator
Tujuan Pembelajaran
Level
0
1
2
3
4
5
Produk
1.   Menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan.
1.   Diberikan beberapa gambar yang telah diberi arsir, siswa dapat menyatakan beberapa bagian dari suatu keseluruhan.






2.   Menyatakan nilai pecahan yang sejenis.
2.   Melalui diagram pecahan siswa dapat menentukan nilai pecahan yang sejenis.






3.   Menuliskan letak suatu pecahan pada garis bilangan.
3.   Melalui media garis bilangan pecahan siswa dapat menuliskan letak suatu pecahan secara berurutan.






Proses
4.   Menjelaskan berbagai strategi  untuk menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan.
4.   Diberikan suatu permasalahan untuk menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan, siswa dapat  menjelaskan berbagai strategi penyelesaiannya. 






5.   Menyatakan nilai pecahan yang sejenis melalui media gambar dan sebaliknya.
5.   Setelah menyatakan nilai pecahan yang sejenis melalui media gambar dan sebaliknya. Siswa melakukan pengecekan hasil suatu pecahan pada garis bilangan.






6.   Melakukan pengecekan hasil suatu pecahan pada garis bilangan.
6.   Setelah menyatakan nilai pecahan yang sejenis melalui media gambar dan sebaliknya. Siswa melakukan pengecekan hasil suatu pecahan pada garis bilangan.






Keterampilan Sosial
7.   Melakukan komunikasi meliputi persentasi, bertanya, dan berpendapat.
7.   Terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat melakukan komunikasi meliputi persentase, bertanya, dan berpendapat.









Keterangan:
Produk:
Level 0    :    Tidak ada upaya untuk menyelesaikan permasalahan.
Level 1    :    Ada sedikit upaya. Tidak menjelaskan alas an. Permasalahan tidak mudah dipahami atau hanya sedikit kemajuan.
Level 2    :    Siswa sampai pada jawaban, namundengan sedikit atau tanpa penjelasan dan alasan.
Level 3    :
Level 4    :
Level 5    :
Level 0   :
Level 1    :
Level   2  :
Level   3  :
Level 4    :
Level 5    :
Level 0    :
Level 1    :
Level   2  :
Level   3  :
Level 4    :
Level 5    :
Level 0    :
Post a Comment