Wednesday, November 21, 2012

RPP tematik SD

bRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Satuan Pendidikan        : SD Negeri
Kelas/Semester            : I/I
Tema                                  : Lingkungan
Alokasi Waktu               : 5 x 35 Menit
Jumlah Pertemuan        : 1x Pertemuan
Standar Kompetensi
·  Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1.      Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Membaca
2.      Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
Menulis
3.      Menulis permulaan dengan menjiplak , menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
Berbicara
4.      Mengungkapkan fikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota  tubuh dan  deklamasi
·  Pendidikan Kewarganegaraan
1.      Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.   
·  Matematika
1.      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Kompetensi Dasar
·  Bahasa Indonesia
1.    Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·      Matematika
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
·  Pendidikan Kewarganegaraan
1.1      Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
Indikator
·    Bahasa Indonesia
Menulis
1.    Menyebutkan benda-benda di lingkungan sekitar.
Berbicara
1.      Menyebutkan secara lisan benda- benda di lingkungan sekitar rumah
·    Matematika
1.      Tanya jawab bilangan dengan cara penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
·    Pendidikan Kewarganegaraan
1.    Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
A.  Tujuan Pembelajaran
·           Bahasa Indonesia
1.    Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan 3  benda yang ada di kelas..
2.    Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan 3 benda yang ada di lingkungan rumah.
·       Pendidikan Kewarganegaraan
1.    Melalui media gambar dan bimbingan guru, siswa dapat menyebutkan sikap tertib di rumah
2.    Melalui media gambar siswa dapat menyebutkan sikap tertib di rumah.
·           Matematika
1.    Melalui tanya jawab, siswa dapat lebih memahami cara menjumlahkan bilangan sampai 20.
2.    Melalui tanya jawab dengan menggunakan media gambar siswa dapat melakukan operasi pengurangan bilangan sampai 20.
B.  Materi Pelajaran
·         Bahasa Indonesia
1.    Pengucapan/bunyi suara
2.    Kalimat sapaan
3.    Membaca kata , kalimat.
4.    Menjiplak bentuk huruf dan gambar.
5.    Menebalkan bentuk huruf dan gambar.
·         Pendidikan Kewarganegaraan
1.    Hidup tertib  di rumah dan di sekolah
·         Matematika
Operasi hitung bilangan
Dampak Pengiring
Setelah mengikuti proses pembelajaran, siswa dapat berfikir kritis dan logis, dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
C.  Kegiatan Pembelajaran
I.       Kegiatan Awal (10 Menit).
a.         Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar.
b.         Guru dan siswa berdoa bersama.
c.         Guru mengecek kehadiran siswa.
d.        Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pelajaran yaitu dengan menanyakan benda- benda apa saja yang ada di sekeliling kelas.
e.         Guru mengemukakan tema pembelajaran.
f.          Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.
II.    Kegiatan Inti (140 menit)
Tahap 1
a.     Guru mengajak siswa melihat ke sekililing dalam  kelas IA.
b.    Tanya jawab guru dan siswa tentang benda apa saja yang ada.
c.     Guru meminta siswa mengamati kembali ruang kelas.
d.    Guru meminta siswa menuliskan benda- benda yang ada di dalam kelas pada buku latihan Bahasa Indonesia.
e.     Guru meminta siswa mengumpulkan hasil pekerjaanya.
f.     Tanya jawab guru dan siswa mengenai benda- benda yang ada di sekitar rumah masing- masing.
g.    Guru memberikan penguatan.
h.    Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.
i.      Guru memberikan penguatan kepada siswa.
Tahap 2
a.       Guru  mengkaitkanya materi bahasa Indonesia dengan Matematika dengan menanyakan ada berapa jumlah penghapus, meja, dan kursi di dalam kelas?.
b.      Guru menampilkan media gambar berupa beberapa benda yang  akan dijumlahkan.
c.       Tanya jawab guru dan siswa benda apa yang ditampilkan.
d.      Tanya jawab guru dan siswa cara menyelesaikan penjumlahan tersebut.
e.       Siswa menjumlahkan gambar yang  ditampilkan.
f.       Guru memberikan penguatan.
g.      Guru menampilkan gambar beberapa benda yang akan dikurangkan.
h.      Tanya jawab guru dan siswa tentang benda apa yang ditampilkan.
i.        Tanya jawab guru dan siswa cara menyelesaikan operasi pengurangan.
j.        Siswa mengurangkan benda yang ditampilkan
k.      Guru memberikan penguatan.
l.        Guru memberikan kesempatan bertanya..
m.    Guru memberikan pemantapan materi.
Tahap 3
a.       Guru menampilkan media gambar  tertib di rumah dan di sekolah.
b.      Siswa diminta mengamati gambar yang ditampilkan.
c.       Tanya jawab guru dan siswa mengenai sikap yang ditunjukkan pada gambar.
d.      Tanya jawab guru dan siswa tentang  contoh perbuatan tertib selain pada gambar.
e.       Guru memberikan bimbingan dan penguatan...
f.       Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jika ada yang belum jelas.
g.      Guru memberikan pemantapan materi pelajaran
III.        Kegiatan Akhir  (25 menit)
a.       Siswa dengan dibimbing  guru menyimpulkan  materi  pelajaran
b.      Siswa mengerjakan evaluasi .
c.       Guru memberikan tindak lanjut dengan meminta siswa mengulangi materi yang telah dipelajari.
D.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan                   : tematik
2.  Metode                         : ceramah, tanya jawab, pengamatan, penugasan.
E.  Alat dan Sumber
1.      Alat:
·   Gambar benda yang akan dijumlahkan
·  Gambar benda yang akan dikurangkan
·  Gambar tertib di rumah
·  Gambar tertib di sekolah.
2.      Sumber:
·           Depdiknas. 2007. Kurikulum dan silabus tematik kelas 1. Jakarta:BSNP.
·      Nurcholis, Hanif. 2009. Buku Bahasa Indonesia kelas 1. Jakarta:    Erlangga
·           Said,M. 2009. Buku Pendidikan kewarganegaraan SD Kelas 1. Jakarta: Erlangga
·           Sutisna. 2009. Buku tematik kelas 1 Semester 1. Jakarta: Erlangga
·           Tyas. 2007. Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1. Jakarta :Erlangga.
F.   Penilaian
1.         Prosedur          : Proses dan hasil (tertulis)
2.           Teknik ; Evaluasi
3.           Bentuk            : isian
Lembar Observasi Keaktifan Siswa
No
Nama Siswa
Skor masing-masing aspek
Keaktifan
Kepercayaan diri
Keseriusan
1




2




3




dst




Keterangan:
Berikan skor pada maing-masing aspek dengan kriteria sebagai berikut:
4 : Sangat Baik
3 : Baik
2: cukup
1 : kurang

Lampiran I
Soal Evaluasi
Bahasa Indonesia
Bacalah fungsiku, kemudian tebaklah apakah namaku! Dan tuliskan di buku latihanmu!
1.      ia kusimpan dalam tasku
ia kubaca tiap hari
ia berisi ilmu
aku adalah………
2.      benda ini bundar
terbuat dari plastik
kami menendangnya
aku adalah……..
3.      ia suka menggigit
bentuknya kecil dan bisa terbang
aku adalah………
4.      warnaku ada yang merah dan ada yang putih
aku hidup di tanah
pohonku berduri
aku adalah.............
Matematika
1.      11-6 =.........
2.      19-5=........
3.      12 + 4 = ..........
4.      14 – 7 = .......
5.      3 + 8 + 4 = .......

PKn
1.        Buatlah 1 contoh hidup tertib di sekolah!
2.        Buatlah 1 contoh tertib di rumah!

Kunci jawaban
Bahasa Indonesia
1.      Buku
2.      Bola
3.      Nyamuk
4.      Bunga mawar

Matematika
1.      5
2.      14
3.      16
4.      7
5.      15

PKn
1.                  Sesuai jawaban siswa
2.                  Sesuai jawaban siswa

Panduan Penskoran
No
Mata Pelajaran
Keterangan
Bahasa Indonesia
Matematika
PKn

1
25
20
50

2
25
20
50

3
25
20


4
25
20


5

20


Jumlah
100
100
100